Minyak Goreng Mahal, Beli Gorengan Rp 5 Ribu Cuma Dapat 3!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 13:16 WIB
Gorengan Makin Mahal
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Harga minyak goreng makin tinggi, apalagi setelah pemerintah melepas harga eceran tertinggi (HET) pada minyak goreng kemasan. Hal ini pun dikeluhkan oleh para pedagang kecil, mulai dari tukang gorengan sampai ayam penyet.

Imbas naiknya harga ini, pedagang mulai memikirkan untuk menaikkan harga dagangannya. Seperti Susilo misalnya, pedagang gorengan di bilangan Cipete, Jakarta Selatan ini mengaku sudah menaikkan harga gorengannya.

Kenaikan harga gorengan ini dilakukannya untuk menyesuaikan mahalnya harga minyak goreng. Kini harga gorengan yang dijualnya sudah naik dari awalnya Rp 5 ribu bisa dapat 5 potong gorengan, kini cuma dapat 3.

"Ini jelas bikin susah saya. Kita kan penjual jadi kurang keuntungannya. Buat nombok minyak kan jadinya. Saya solusinya ya naikin harga aja nih. Dari awalnya Rp 5 ribu (dapat) 5 jadi Rp 5 ribu dapatnya 3. Mau gimana lagi," ungkap Susilo ditemui detikcom, Jumat (18/3/2022).

Terakhir, Susilo mendapatkan minyak goreng seharga Rp 20 ribu per liter. Selama ini, dia mengatakan harga yang didapatkan berbeda-beda, Susilo mengaku pernah mendapatkan minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter, kadang Rp 18 ribu per liter.

Menurut Susilo sendiri, kenaikan harga gorengan ini juga terjadi karena naiknya harga bahan pokok lainnya. Dari tahu, tempe, sampai terigu.

"Minyak goreng bahan pokok buat kita. Tapi yang lain ikut naik juga. Ya terigunya, tempenya, tahunya. Naik semua gimana kita nggak naikin harga," kata Susilo.

Lain lagi dengan Dul, pedagang combro-misro yang juga ditemui di bilangan Cipete. Dia mengaku sejauh ini kenaikan harga minyak goreng membuat modalnya bertambah, dan keuntungannya berkurang. Tapi sejauh ini dia belum menaikkan harga dagangannya.

"Memang minyak goreng naik berasa ke kita, modalnya makin gede. Cuma kan bahan lain kagak ikut naik, saya belum naikin. Combro, misro, harganya tetap satunya Rp 1.000," jelas Dul kepada detikcom.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Ombudsman Curiga Produsen Minyak Goreng Prioritaskan Industri Besar"
[Gambas:Video 20detik]