Berapa Banyak #UangKita yang Dipakai Buat Bangun Sirkuit Mandalika?

Iffa Naila Safira - detikFinance
Minggu, 20 Mar 2022 07:30 WIB
Motif tenun sasak di Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berperan penting dalam salah satu momentum bersejarah di Indonesia yaitu Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

"Salah satu sirkuit terbaik di dunia ini dibangun dengan #UangKita. Nggak hanya itu, ada beberapa kemudahan prosedural kepabeanan dan perpajakan di kawasan KEK Mandalika. #UangKitaBuatApa," tulis @ditjenkn dalam akun Instagram resminya, Sabtu (19/3/2022).

Berapa banyak dana yang dikucurkan dari APBN untuk proyek pembangunan Sirkuit Mandalika? Simak rinciannya di bawah ini.

1. Rp 1,3 triliun

Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1,3 triliun ini diberikan pemerintah dalam bentuk tunai dan non-tunai. Bentuk tunai nya berupa pembiayaan pembangunan infrastruktur dasar (jalan sirkuit dan fasilitas pendukung), serta bentuk non-tunai nya berupa lahan.

2. Rp 1,18 Triliun

APBN sebesar Rp 1,18 triliun ini dikeluarkan untuk pembangunan sarpas (sarana dan prasarana) di sekitar Sirkuit Mandalika. Pembangunan sarpas ini meliputi pembangunan jalan, jaringan penyediaan air, bantuan relokasi warga, pengadaan lahan sarana penunjang utama, pembangunan unit perhubungan transportasi darat dan sebagainya.

3. Rp 12,75 Miliar

Selain itu, dana APBN sebesar Rp 12,75 miliar juga digunakan untuk Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan Perpajakan atas impor Barang Modal dalam rangka pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pada tahun 2021-2022. Penetapan prosedur Kepabeanan dan Perpajakan ini juga mempermudah pelayanan dan pengawasan kepabeanan di Mandalika.

Simak Video 'Indahnya Sirkuit Mandalika Dipandang dari Udara':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)