Pria Ini Jual Puluhan Ribu Produk Fashion di e-Commerce, Ini Resepnya

Dea Duta Aulia - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 12:03 WIB
Kampus UMKM Shopee
Foto: Dok. Shopee
Jakarta -

Modal nekat, uang, dan tahan banting saja tidak cukup untuk mengembangkan suatu usaha. Para pelaku UMKM harus mau meningkatkan pengetahuan mereka agar dapat mengembangkan bisnisnya.

Cara tersebutlah yang digunakan oleh pemilik store online indahfashion26 Wendi Paisal untuk menggembangkan bisnisnya. Ia mengkombinasikan antara tekad, uang, dan keinginan belajar sehingga mampu membesarkan indahfashion26 seperti saat ini.

indahfashion26 merupakan salah satu store online yang ada di aplikasi Shopee. Store tersebut menyajikan beragam pakaian wanita hasil rajutan dan telah berhasil menjual puluhan ribu produk.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Wendi yakni dengan belajar cara menggunakan e-commerce di 2019 lalu. Saat pertama kali terjun ke dunia digital, Wendi sempat mengalami kebingungan. Sebab ia sama sekali tidak mengetahui seluk beluk dunia bisnis digital.

Perlahan tapi pasti, ia tidak mau pasrah begitu saja pada keadaan. Demi menafkahi keluarga kecilnya, ia mencoba belajar secara otodidak untuk memahami aplikasi e-commerce.

"Saya ga tau itu ya marketplace online, saya hanya belajar saja dari aplikasi (otodidak)," ujarnya kepada media Senin (21/3/2022).

Tekadnya untuk terus belajar tidak hanya berhenti sampai di situ. Ia pun mencoba mencari informasi baru dan mengikuti sejumlah pelatihan agar bisnisnya mampu berkembang.

Salah satu pelatihan yang diikuti olehnya, yakni Kampus UMKM Shopee Bandung. Melalui pelatihan tersebut, pria kelahiran 1995 ini berkeinginan untuk mengasah kemampuan bisnis digitalnya supaya mampu mendapatkan lebih banyak lagi keuntungan.

"Sebelum bergabung dengan kampus UMKM misalnya, saya belum banyak tahu tentang fungsi promosi dan cara menggunakannya," kata Wendi.

Wendi mengakui mendapatkan banyak ilmu saat mengikuti Kampus UMKM Shopee Bandung. Salah satu ilmu yang didapatkan yakni tentang mengoptimalisasikan performa toko melalui modul trainer dari Kampus UMKM Shopee. Tak hanya itu, Wendi pun turut dikenalkan dengan fitur iklan dan promosi supaya performa tokonya semakin melesat.

"Setelah bergabung di Kampus UMKM Shopee, banyak diajarkan strategi pemasaran, salah satunya memaksimalkan fitur iklan Shopee yang bantu toko kita lebih maksimal," kata Wendi.

Wendi mengakui pelatihan tersebut memberikan dampak positif terhadap bisnisnya. Hal itu terlihat dari jumlah pengikut Indahfashion26 yang terus bertambah, bahkan saat ini tembus sampai 52 pengikut aktif di Shopee. Selain itu, dari sisi omzet Indahfashion26 pun mengalami peningkatan hingga 60%.

"Berbekal ilmu dari pelatihan yang telah didapatkan dari Kampus UMKM Shopee, akan terus menerapkan metode yang efektif dan efisien dalam berjualan online, agar performa tokonya meningkat dan bisnisnya dapat berkembang lebih pesat," tutup Wendi.



Simak Video "Indonesia Tak Termasuk, Ini Negara yang Kena Dampak PHK Massal Shopee"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)