CT soal Pandemi Jadi Endemi: Tak Ada yang Bisa Pastikan Waktunya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 10:37 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Chairman CT Corp Chairul Tanjung bicara soal transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi yang banyak memperkirakan akan terjadi tahun ini. Hal itu dinilai tidak ada yang bisa memastikan.

"Walaupun banyak analisis memperkirakan pandemi akan bergeser menjadi endemi pada tahun ini, namun tidak ada satu orang pun atau satu lembaga pun yang memastikan bahwa hal itu akan terjadi," kata CT dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Satu hal yang pasti bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hidup manusia. Fenomena itu dipicu oleh keterbatasan ruang gerak yang diikuti dengan pembatasan sosial seperti PPKM.

"Kita jadi banyak melakukan aktivitas secara virtual mulai dari meeting, konsultasi virtual," bebernya.

Lebih lanjut, kata CT, kesadaran manusia akan kesehatan menjadi meningkat drastis. Penggunaan masker dan hand sanitizer menjadi kebiasaan baru, begitu juga dengan peningkatan konsumsi vitamin.

"Kita sekarang menjadi rajin minum vitamin serta berbondong-bondong untuk mendapatkan vaksinasi," tuturnya.

Akibat fenomena baru itu, transaksi pun berubah dari fisik menjadi digital. Baik di industri perbankan, keuangan, kesehatan, hingga belanja.

"Yang tadinya berjalan secara pelan-pelan dan normal, tiba-tiba menjadi sangat cepat karena pandemi dan berkembang secara eksponensial," imbuhnya.

Simak video 'Jokowi: Ekonomi Terus Bergerak, Salah Satunya Karena Tak Pernah Lockdown':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)