Bank bjb Salurkan Kredit Rp 66,5 M ke 326 Petani Milenial Jabar

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Kamis, 24 Mar 2022 22:39 WIB
Bank bjb
Foto: dok. Bank bjb
Jakarta -

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) mendukung program Petani Milenial melalui permodalan dan pemberdayaan. Petani Milenial merupakan program Provinsi Jawa Barat yang diluncurkan pada Maret 2021.

Program ini diadakan untuk mengatasi persoalan di sektor pertanian dengan menggandeng milenial, mitra petani muda, dan pemangku kepentingan di Jawa Barat dengan berkolaborasi antara pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media.

"bank bjb akan selalu hadir mendukung penuh program Petani Milenial yang merupakan program unggulan Pemda Provinsi Jabar," ujar Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3/2022).

Sejak kick off sampai dengan saat ini total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai kurang lebih Rp 66,5 miliar kepada 362 debitur. Selain itu, bank bjb menyediakan layanan perbankan dan perencanaan keuangan bagi para petani milenial, serta menyediakan ID Card yang berfungsi sebagai ATM bagi para petani milenial (ATM Co-Branding).

"bank bjb berperan sebagai koordinator pembiayaan melalui pemberian kredit dan memberikan pemberdayaan bagi para petani milenial," tutur Nancy.

Nancy menjelaskan bank bjb menyalurkan kredit bagi Petani Milenial melalui 2 skema yaitu direct dan closed loop. Skema direct yakni penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian.

Sedangkan skema closed loop yakni penyaluran kredit dengan skema kemitraan di mana petani berbudidaya sesuai dengan pasar yang tersedia dari offtaker. Petani akan memperoleh pendampingan dari offtaker selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalis baik untuk kreditnya maupun hasil panennya.

Komoditas yang didukung kredit program Petani Milenial >>>