ADVERTISEMENT

Mau Jadi Orang Terkaya Dunia? Sederet Bisnis Ini Bisa Jadi Inspirasi

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 26 Mar 2022 18:00 WIB
Elon Musk Berencana Buat Robot Humanoid untuk Mengerjakan Tugas
Elon Musk/Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Baru-baru ini Bloomberg Billionaire Index merilis daftar 500 orang terkaya di dunia. Nama-nama tenar dunia seperti Elon Musk, Jack Ma, Warren Buffett hingga Budi Hartono masuk ke daftar itu.

Mereka semua bisa masuk ke dalam daftar crazy rich tersebut berdasarkan satu kesamaan, yakni sebagai pengusaha. Bisnis yang mereka jalankan menjadi jembatan mereka masuk ke daftar orang kaya.

Sektor bisnis yang dijalankan para orang terkaya dunia ini beragam. Bahkan tidak sedikit yang menjalankan berbagai bidang bisnis untuk mencapai titik itu.

Bisnis Orang Terkaya Dunia:

1. Otomotif dan Transportasi Luar Angkasa

Elon Musk (US$ 256 miliar atau Rp 3.657 triliun). Elon Musk berada di urutan pertama orang terkaya di dunia. Ia adalah penyandang utama Tesla Motors. Elon Musk juga menjadi CEO-nya. Selain itu, Elon Musk juga menjadi CEO Spacex.

2. Teknologi

Jeff Bezos (US$ 190 miliar atau Rp 2.727 triliun), pendiri raksasa e-commerce Amazon. Orang terkaya di dunia juga memiliki Washington Post dan perusahaan luar angkasa Blue Origin.

3. Mode & Ritel

Bernard Arnault (US$ 143 miliar atau Rp 2.053 triliun), ketua dan CEO LVMH. Dia mengawasi lebih dari 70 merek, termasuk Louis Vuitton, Tiffany & Co. dan Sephora.

4. Keuangan & Investasi

Warren Buffett (US$ 130 miliar atau Rp 1.866 triliun), CEO Berkshire Hathaway yang memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan, termasuk Duracell dan Dairy Queen.

Bisnis triliuner lain berlanjut ke halaman berikutnya.

5. Petrokimia Hingga Migas

Mukesh Ambani (US$ 96,4 miliar atau Rp 1.384 triliun), ketua Reliance Industries. Perusahaan ini memegang kepentingan di petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi.

6. Manufaktur

He Xiangjian (US$ 25,8 miliar atau Rp 370 triliun), pendiri pembuat peralatan Midea Group. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 anak perusahaan dan perdagangan di bursa saham Shenzhen.

7. Kesehatan

Jiang Rensheng (US$ 18,5 miliar atau Rp 265 triliun), ketua perusahaan vaksin Chongqing ZFSW Biological Products, yang dikenal sebagai Zhifei. Perusahaan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin tuberkulosis sendiri.

8. Makanan & Minuman

Zhong Shanshan (US$ 67,2 miliar atau Rp 964 triliun), ketua perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring. Dia juga mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang terdaftar secara publik.

Selain nama-nama di atas, tidak sedikit para pengusaha yang menjalankan bisnisnya di bidang yang sama, sebut saja Jack Ma (US$ 37,9 miliar atau Rp 544 triliun). Ia juga menjalankan bisnis di bidang yang sama dengan Jeff Bezos. Jack Ma merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China

Selain itu, ada juga pengusaha Indonesia, Budi Hartono (US$ 19,6 miliar atau Rp 281 triliun) pendiri perusahaan Djarum dan pemegang saham terbesar Bank BCA.

Sebagai catatan, total harta yang dimiliki para orang terkaya di atas dalam rupiah dihitung menggunakan kurs Rp 14.357/dolar AS.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT