ADVERTISEMENT

Mengenal Rekening Koran: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengajukannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 15:28 WIB
Pajak Pantau Rekening Bank
Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

Rekening koran merupakan salah satu dokumen pencatatan transaksi keuangan yang disediakan oleh perusahaan perbankan. Beberapa keperluan-keperluan penting mengharuskan seseorang untuk memperlihatkan dokumen satu ini.

Meski saat ini sudah ada fasilitas internet banking, namun rekening koran biasanya akan tetap dibutuhkan oleh para nasabah bank. Pasalnya, dokumen ini memiliki kegunaan yang beragam seperti sebagai syarat dokumen untuk mencicil rumah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Rekening Koran

Melansir dari situs resmi bank OCBC NISP, rekening koran adalah laporan keuangan menyeluruh milik individu maupun badan usaha yang diberikan oleh bank kepada pemilik rekening berisi informasi transaksi, alur kredit maupun debit, keluar masuknya dana, dan saldo tabungan.

Biasanya contoh rekening koran akan diberikan oleh bank tanpa diminta oleh nasabahnya. Dulu, instrumen tabungan ini dicetak pada kertas, namun kini Anda juga dapat mengeceknya melalui aplikasi mobile banking, website bank, atau ATM.

Fungsi Rekening Koran

Meskipun rekening koran tak lagi populer, namun beberapa nasabah membutuhkannya karena instrumen ini memiliki beberapa fungsi.

Fungsi Rekening Koran untuk Individu

1. Mengetahui Ringkasan Transaksi
Rekening koran akan membantu Anda mengetahui ringkasan transaksi karena menampilkan saldo, arus debit-kredit, biaya administrasi, bunga bank, bahkan pesan dan detail ketika transaksi dilakukan.

2. Syarat Pengajuan Pinjaman
Ketika mengajukan pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maupun kredit pembelian kendaraan bermotor, Anda pasti akan diminta menunjukkan catatan transaksi keuangan dari bank. Oleh karena itu, rekening koran merupakan salah satu persyaratan penting.

3. Syarat Pengajuan Visa
Rekening koran juga akan membantu Anda dalam pengajuan visa karena instrumen ini digunakan sebagai bukti kemampuan finansial.

4. Syarat untuk Menjadi Peserta Lelang
Jika Anda tertarik berpartisipasi pada acara lelang, maka siapkan rekening koran sebagai bukti kepemilikan dana.

Fungsi Rekening Koran untuk Perusahaan

1. Audit Keuangan Perusahaan
Rekening koran adalah salah satu komponen rekap daftar transaksi yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, instrumen ini harus ada ketika audit keuangan dilaksanakan.

2. Menjadi bukti hukum
Rekening koran juga bisa menjadi bukti hukum atas transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini bertujuan guna keperluan pembuktian jika terjadi sengketa.

3. Syarat mengajukan pinjaman
Ketika perusahaan ingin mengajukan pinjaman kepada bank atau lembaga keuangan lain, rekening koran merupakan salah satu persyaratan administratif.

4. Sebagai dasar untuk pencocokan transaksi bisnis
Tak jarang kesalahpahaman terjadi dalam hal pencatatan riwayat transaksi. Oleh karena itu, rekening koran merupakan alat bukti yang penting.

5. Syarat untuk mengikuti lelang
Ketika suatu perusahaan hendak ikut serta dalam sebuah lelang, rekening koran adalah salah satu dokumen administratif yang harus dipenuhi guna menunjukkan kemampuan finansial mereka.

Cara Mengajukan Rekening Koran

Adapun cara mengajukan pembuatan contoh rekening koran kepada bank adalah sebagai berikut.

1. Lengkapi dokumen persyaratan, seperti buku rekening tabungan asli, KTP, kartu debit, dan biaya cetak rekening koran.
2. Datangi kantor bank tempat Anda membuka tabungan yang ingin ditarik rekening korannya.
3. Sampaikan kepada teller mengenai maksud Anda, kemudian serahkan dokumen-dokumennya.
4. Jelaskan periode transaksi yang ingin Anda ambil rekening korannya, bisa tiga atau enam bulan ke belakang.

Demikian pengertian, fungsi, dan cara mengajukan rekening koran. Semoga informasi ini bermanfaat ya detikers!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT