Sri Mulyani Jawab Kabar Lelang Barang Pembalap MotoGP yang Didapat Penonton

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 31 Mar 2022 20:20 WIB
Seorang penonton berhasil menangkap helm yang dilemparkan pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Aleix Espargaro memenuhi janjinya untuk melemparkan helm kepada penonton usai berhasil meraih jumlah pengikut di Instagramnya sebanyak satu juta orang sebelum balapan MotoGP pada hari Minggu (23/3). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara soal kehebohan publik yang geram karena adanya dugaan Kementerian Keuangan melelang barang pembalap MotoGP.

Sri Mulyani meluruskan, barang yang dilelang bukan milik pembalap tetapi merchandise dari MotoGP Indonesia. Ia juga menegaskan bahwa hasil lelang ditujukan untuk tujuan amal.

Pelelangan ini dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram yang merupakan kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Ada 10 buah merchandise MotoGP Indonesia yang akan dilelang.

"Barang-barang yang akan dilelang untuk amal tersebut terdiri dari beberapa kaus, baju, topi, dan sarung tangan bertandatangan para rider," ungkap Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya @smidrawati, Kamis (31/3/2022).

Sri Mulyani mengungkap tiga kaos dan tiga kemeja merchandise bahkan dibubuhi tanda tangan tiga pembalap, di antaranya Marc Marquez (Honda), Pol Espargaro (Honda), dan Miguel Oliveira (KTM).

"Merchandise-merchandise tersebut didapat dari hasil kerjasama antara KPKNL Mataram, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA)," jelasnya.

Rencananya lelang merchandise ini akan dilakukan secara online agar dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia.

"Hasilnya untuk Tujuan Amal. Ini menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia bukan hanya ramah tapi juga memiliki kepedulian sosial dan rasa gotong royong yang tinggi. Ini bagian dari identitas dan kepribadian bangsa kita," tegas Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan terus menjaga keuangan negara secara akuntabel, transparan dan bertanggung jawab, amanah sesuai peraturan perundangan-undangan dan asas kepantasan.

Untuk itu, Ia menegaskan kepada publik agar bisa menjaga Indonesia dari berita-berita palsu dan negatif.

"Mari jaga Indonesia bersama dari berita-berita palsu, jahat dan negatif yang disebarkan untuk membuat keresahan. Kita pulihkan Indonesia dari Pandemi, tantangan kedepan masih sangat tinggi. Jangan lelah mencintai Indonesia!" tutupnya.

[Gambas:Instagram]



(dna/dna)