BUMN Perkebunan Pasok Daun Teh buat Starbucks

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 03 Apr 2022 22:32 WIB
antre starbucks jepang
Foto: istimewa/twitter
Jakarta -

Teh Indonesia tembus ke pasar global. Hal itu ditandai dengan pelepasan ekspor perdana 2022 produk teh PTPN Group ke Seattle, Amerika Serikat.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dengan luas areal teh lebih dari 20 ribu ha dan produksi teh kering lebih dari 50 ribu ton per tahun, bermitra dengan Starbucks Corporation yaitu perusahaan minuman asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle. Starbucks memiliki lebih dari 32 ribu gerai di 79 negara.

PTPN mampu meyakinkan Starbucks untuk melanjutkan pembelian teh pada tahun 2022. Total nilai perdagangan internasional tersebut mencapai US$ 496.000 atau berkisar Rp 7,11 miliar (asumsi kurs Rp 14.360).

"Holding Perkebunan Nusantara sukses meningkatkan kinerja ekspor, khususnya komoditi teh ke AS. Pencapaian ini menunjukkan kemampuan Holding Perkebunan Nusantara dalam memproduksi teh sesuai standar kualitas pasar internasional," kata Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Dwi Sutoro dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).



Keberhasilan penjualan komoditi teh ke Starbucks ini melanjutkan tren pada pada tahun-tahun sebelumnya. Tercatat pada tahun lalu, total nilai penjualan mencapai US$ 322.000 atau sekitar Rp 4,62 miliar. Berdasarkan data tersebut, Holding Perkebunan Nusantara mampu meningkatkan nilai kontrak penjualan teh sebesar 54% pada tahun 2022.

Starbucks memiliki standar pemenuhan kualitas yang tinggi, khususnya kelolosan uji mikrobiologi, tea tasting, dan keamanan pangan. Kedai kopi dan teh internasional ini mempercayai Laboratorium Eurofins (Eurofins) yang berlokasi di Jerman dalam pengujian teh produksi Holding Perkebunan Nusantara. Hasilnya, produk teh tersebut layak dan memenuhi standar kualitas yang dipersyaratkan.

"Kami telah melakukan pengapalan teh ke pusat Starbucks di Seattle, AS pada 1 April 2022 ini. Pengapalan tersebut dapat terlaksana setelah kami menerima hasil kelayakan dari Eurofins," ucapnya.

(acd/dna)