ADVERTISEMENT

Bank Sentral: Pengertian, Tugas, dan Fungsinya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 15:50 WIB
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bank sentral adalah bank pusat pada suatu negara. Bank sentral bertanggung jawab atas keuangan dan perbankan nasional. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI).

Menurut UU No.23 Tahun 1999, BI merupakan lembaga independen yang didirikan dengan tujuan menjaga kestabilan nilai rupiah, baik nilai tukar terhadap barang dan jasa maupun terhadap mata uang asing.

Bank Indonesia juga berkedudukan sebagai badan hukum. Bank sentral menjadi salah satu sumber belajar bank, dalam rangka melaksanakan program masyarakat mengenai bidang tugas bank di Indonesia.

Tugas Bank Sentral

Untuk mencapai tujuannya, Bank Sentral Indonesia mempunyai tugas sebagai berikut:

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  • Mengatur dan mengawasi bank.

Dalam rangka menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, Bank Indonesia berwenang untuk:

  1. Menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi, yang ditetapkannya.
  2. Melakukan pengendalian moneter dengan menggunakan cara-cara, yang termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  • Operasi pasar terbuka di pasar uang baik rupiah maupun valuta asing.
  • Penetapan tingkat diskonto. Diskonto adalah potongan atau bunga yang harus dibayar oleh orang, yang menjual wesel (surat dagang) yang diuangkan sebelum waktunya.
  • Penetapan cadangan wajib minimum.
  • Pengaturan kredit atau pembiayaan.

Fungsi Bank Sentral

Dalam struktur moneter, fungsi bank sentral adalah sebagai pengendali peredaran uang. Dikutip dari modul Ekonomi Kemdikbud Kelas X yang disusun oleh Siti Mudi Rahayu, M.Pd., secara umum, fungsi bank sentral adalah sebagai berikut:

Bank Sirkulasi
Fungsi bank sentral adalah pemegang hak tunggal (hak oktroasi), dalam pengedaran uang kertas dan uang logam sebagai alat pembayaran yang sah.

Banker's Bank
Fungsi bank sentral adalah bankir dari berbagai bank. Artinya, bank sentral berkedudukan sebagai salah satu sumber dana bagi bank lain.

Pemberi Pinjam Tingkat Akhir
Bank sentral adalah pemberi pinjaman pada tingkat terakhir atau dikenal dengan lender of last resort. Artinya, bank sentral bisa memberikan pinjaman kepada bank, dalam bentuk fasilitas kredit likuiditas darurat.

Nah, itu tadi pengertian bank sentral. Semoga bisa menambah pemahaman detikers semua ya!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT