Harga Gula Pasir Tembus Rp 15.000/Kg

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 14:49 WIB
Harga gula di pasar dan ritel lebih mahal dari harga yang dipatok pemerintah atau harga eceran tertinggi (HET).
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Ketersediaan dan harga pangan saat ini tengah menjadi sorotan. Beberapa stok pangan sempat ada yang langka dan harganya melonjak tajam.

Untuk gula pasir pasokannya terpantau aman, namun harga di pasar dan ritel lebih mahal dari harga yang dipatok pemerintah atau harga eceran tertinggi (HET). Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (7/4/2022) pasokan gula di sejumlah di ritel Jakarta terpantau aman.

Misalnya di Indomaret dan Alfamart kawasan Tebet, Jakarta Selatan, saat ditelusuri stok gula tersedia. Sementara harganya Rp 13.500 per kilogram (kg), harga ini untuk semua merek yang tersedia di ritel.

Meski ditemukan satu Indomaret di kawasan yang sama stok gula terpantau kosong. Salah satu petugas mengatakan kekosongan hanya terjadi hari ini karena barang belum datang dari gudang.

"Baru hari ini aja, biasanya kalau tidak nanti abis magrib besok sih. Itu juga habis magrib, malam gitu datangnya barang lagi," katanya kepada detikcom.

Adapun merek-merek gula yang ada di Indomaret misalnya, merek Gulaku, Gula Putih, Gula Indomaret, dan Gula Alfamart semua seharga Rp 13.500/kg. Harga itu jauh dari ketentuan pemerintah.

Sebagai informasi, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 7 tahun 2020 mengatur harga acuan gula di tingkat konsumen sebesar Rp12.500/kg.

Harga gula pasir di pasar tembus Rp 15.000/kg. Cek halaman berikutnya.