Obligasi: Pengertian, Jenis, Karakteristik, dan Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 11:56 WIB
PT Federal International Finance (FIF) meluncurkan obligasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (26/9/2018). Surat utang senilai Rp1,3 triliun ini Obligasi Berkelanjutan III FIF.
Foto: fif
Jakarta -

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang utang, kepada yang berpiutang, demikian dikutip dari modul Kemdikbud Ekonomi yang disusun oleh Tuni Rahayu, SE.,M.Pd.

Mengutip buku 'Pasar Obligasi Indonesia' karya Tarmiden Sitorus, Ph.D., pengertian obligasi adalah suatu surat berharga berjangka waktu menengah dan panjang, yang merupakan bukti pengakuan utang dari penerbit dan dapat diperjual belikan. Pihak yang menerbitkan obligasi disebut sebagai emiten.

Obligasi juga disebut sebagai produk investasi yang dapat ditemukan di pasar modal. Dalam obligasi akan berisi tanggal jatuh tempo pembayaran utang dan bunganya. Bunga dalam obligasi disebut kupon. Kupon wajib diberikan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi.

Perbedaan saham dengan obligasi adalah dilihat dari bentuk kepemilikannya. Pemilik saham memiliki hak suara atas perusahaan tersebut, sedangkan, obligasi hanya memiliki status sebagai pemberi utang.

Jenis-jenis dan Karekteristik Obligasi

Dikutip dari buku bertajuk 'Akuntansi Keuangan Menengah' oleh Viola Syukrina E Janrosl, S.E., M.M dan Khadijah, S.E., M.Ak, berikut adalah jenis-jenis obligasi.

Jenis obligasi berdasarkan kupon:

- Zero Coupon (Obligasi Tanpa Kupon)

Obligasi tanpa kupon adalah obligasi yang tidak memberikan kupon secara berkala, sebagai bukti keuntungan pemegang investasi. Dalam membagikan keuntungan kepada investor, pihak penerbit obligasi akan membayarkan bunga secara penuh sekaligus jatuh tempo sesuai dengan waktu yang tertera.

- Fixed Coupon (Obligasi Kupon Tetap)

Obligasi kupon tetap adalah skema pegangan untuk melakukan tetap, yang sama dengan penjelasan mengenai kupon pada umumnya. Tapi, nilai atau persentase bunga yang akan dibayarkan secara berkala masih tetap memiliki angka yang tetap, sesuai dengan apa yang sudah disetujui (sebelum masa penawaran perdana saat obligasi diterbitkan).

- Variable Coupon (Obligasi Kupon Variabel)

Kasih kupon variabel adalah obligasi yang bunga yang ditetapkan, bisa berubah sewaktu-waktu. Perubahan presentasi atau nilai bunga tersebut, dipengaruhi oleh acuan dari suku bunga perbankan.

Jenis obligasi berdasarkan penerbit:

Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan obligasi ini bisa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) datau Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Jenis obligasi yang diterbitkan biasanya terbagi menjadi, obligasi kupon tetap, obligasi kupon variabel, dan obligasi berprinsip syariah.

Obligasi Pemerintah

Jenis obligasi pemerintah adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Salah satu contoh obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah adalah ORI.

Obligasi Ritel

Obligasi ritel adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, dan dijual kepada individu melalui agen penjual obligasi yang ditunjuk langsung oleh pemerintah. ORI merupakan salah satu obligasi ritel, yang bisa dijadikan investasi secara perseorangan.

Jenis obligasi berdasarkan masa jatuh tempo:

- Obligasi Berjangka

Obligasi berjangka adalah obligasi yang cukup memiliki satu tanggal jatuh tempo yang cukup Panjang.

- Obligasi Serial

Obligasi serial adalah obligasi yang memiliki serangkaian tanggal jatuh tempo.

Contoh Obligasi

Obligasi korporasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan nsional, terdiri dari BUMN dan BUMD.

Surat Utang Negara (SUN) oleh pemerintah

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan syariah Islam.

Efek Beragun Aset (EBA) yang merupakan efek bersifat utang yang diterbitkan dengan Underlying Aset sebagai dasar penerbitan.

Demikian penjelasan obligasi. Jadi, detikers makin paham kan apa itu obligasi dan contohnya?

(fdl/fdl)