Tambah 21, Total 117 Maskapai Rusia Dilarang Terbang Uni Eropa

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 22:48 WIB
This picture taken on August 3, 2020 shows an Aeroflot-Russian Airlines Boeing 777-3M0 landing at Israels Ben Gurion International Airport in Lod, east of Tel Aviv. (Photo by JACK GUEZ / AFP)
Ilustrasi maskapai Rusia, Aeroflot/ Foto: AFP/JACK GUEZ
Jakarta -

Komisi Eropa melarang 117 maskapai penerbangan Rusia beroperasi di 27 negara anggota Uni Eropa. Jumlah tersebut setelah ada tambahan 21 maskapai yang dilarang di Uni Eropa karena mereka tidak memenuhi standar keselamatan internasional.

"Badan Transportasi Udara Federal Rusia telah mengizinkan maskapai Rusia untuk mengoperasikan ratusan pesawat milik asing tanpa sertifikat kelaikan udara yang sah," kata Komisaris Transportasi Adina Valean, dikutip dari Reuters, Senin (11/4/2022).

"Maskapai penerbangan Rusia yang bersangkutan dengan sengaja melakukannya melanggar standar keselamatan internasional yang relevan. Ini ... menimbulkan ancaman keamanan langsung," katanya.

Dia menerangkan bahwa keputusan untuk melarang maskapai penerbangan bersertifikat di Rusia, termasuk Aeroflot bukanlah sanksi lain terhadap Moskow atas invasinya ke Ukraina, tetapi tindakan yang diambil hanya berdasarkan alasan teknis dan keselamatan.

Komisi Eropa mengatakan bahwa setelah penambahan 21 maskapai Rusia, daftar hitam maskapai yang dilarang terbang di UE sekarang berisi 117 perusahaan.

Simak Video: Serangan Rusia di Ukraina Timur Telah Dimulai

[Gambas:Video 20detik]



(toy/hns)