Siap-siap Warga DKI! Pemprov Gelar Mudik Gratis ke Jatim hingga Sumatera

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 12 Apr 2022 10:48 WIB
Pemudik arus balik padati Stasiun Pasar Senen usai larangan mudik Lebaran berakhir. Mereka yang sebelumnya mudik ke kampung halaman kini kembali ke perantauan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta membuka program mudik gratis pada lebaran tahun ini. Saat ini pembukaan pendaftaran sedang disiapkan pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan pihaknya menyiapkan 492 unit bus untuk melayani arus mudik dan balik secara gratis. Untuk arus mudik akan ada 292 unit bus yang digunakan, dan sisanya digunakan untuk arus balik.

"Jadi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun ini juga mengalokasikan anggaran untuk penyediaan bus gratis, di mana ada sebanyak 292 bus yang akan diberangkatkan pada arus mudik," kata Syafrin kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Persyaratan utama mudik gratis Pemprov DKI Jakarta adalah calon peserta harus memiliki KTP DKI Jakarta. Untuk pendaftarannya saat ini masih disiapkan namun Syafrin menjelaskan pendaftaran akan dilakukan secara online.

"Pendaftaran pemudik akan dibuka secara online nantinya. Persyaratannya salah satunya ber-KTP DKI," jelas Syafrin.

Syafrin menjelaskan program ini bakal melayani rute ke 5 provinsi. Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur.

Selain itu, pihaknya menyiapkan truk untuk mengangkut kendaraan bermotor milik pemudik tanpa dipungut biaya. Ada 31 truk yang disiapkan.

"Jadi untuk roda dua kami siapkan pada saat arus mudiknya itu 22 truk, kemudian arus baliknya sebanyak 9 truk sehingga total kami kerahkan 31 truk untuk arus mudik dan arus balik tahun ini," papar Syafrin.



Simak Video "Mau Ikut Mudik Gratis Pemprov DKI? Simak Syarat dan Jadwalnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)