Galang Dana, Susi Bagi-bagi Kapal Buat Nelayan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 17 Apr 2022 23:00 WIB
Susi Pudjiastuti Pakai Batik Anne Avantie
Foto: dok. Anne Avantie
Jakarta -

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus Ketua Umum Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti membagikan kapal untuk nelayan kecil di Pulau Simeulue, Aceh. Ada enam kapal yang dibagikan ke nelayan tersebut.

"Kita sekarang ini akan mengundang beberapa Kawan Susi termasuk Tim Pandu Laut dan Susi Cek Ombak yang ada di Pulau Simeulue. Mereka hari ini akan membagikan 4 perahu, ditambah dua lagi minggu depan untuk diberikan pada 4 panglima laut dan dua nelayan di Simeulue," ujar Susi dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4/2022).

Susi menjelaskan, keenam kapal ini merupakan hasil kolaborasi crowdfunding yang digelar Susi Cek Ombak serta Benih Baik yang akan disalurkan melalui Pandu Laut Nusantara. Sejumlah perusahaan seperti Superindo, Jamkrindo, hingga Tokopedia turut terlibat dalam urun dana tersebut.

Dia mengungkapkan, lokasi pembagian kapal yang dipilih, Pulau Simeulue, merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.

Dengan pembagian kapal ini, apalagi bertepatan di bula Ramadan dan menjelang Lebaran 2022 diharapkan nelayan-nelayan kecil yang menerima kapal bisa beroleh tambahan penghasilan sebelum Idul Fitri.

Lokasi yang dipilih untuk pembagian kapal terutama adalah daerah-daerah pesisir yang pernah terdampak bencana gempa dan tsunami.

Di Simeulue Aceh ini, pemberian bantuan kapal kepada panglima laut diharapkan dapat memudahkan tugas mereka dalam menjaga kawasan terumbu karang dan hutan mangrove.

Bersambung ke halaman selanjutnya.