Banyak Sultan Mudik Nih, Tiket Kereta Mewah Ludes

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 13:34 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan kereta api dengan fasilitas mewah ala sultan. KA Wisata ini bisa disewa oleh masyarakat luas.
Foto: Dok. Instagram/keretaapikita
Jakarta -

Layanan kereta 'mewah' yang disediakan PT Kereta Api Pariwisata banyak diincar pemudik. Buktinya, layanan kereta untuk pola penjualan perorangan sudah ludes terjual.

"Untuk ketersediaan yang kereta wisata pola penjualannya secara fit atau perorangan itu posisi penjualan alhamdulillah sudah 100% terjual," kata Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

Kursi yang habis itu untuk penjualan di masa angkutan Lebaran yakni pada tanggal 22 April hingga 8 Mei 2022. Dia menuturkan, untuk pola charter atau sewa sudah ada 20 pemesanan.

"Kalau untuk charter kita masih bisa. Kita sudah ada perjalanan untuk masa mudik yang dipesan sudah ada kurang lebih 20 pemesan," katanya.

Dia mengatakan, kereta pola charter masih bisa dipesan. Keberangkatan kereta pola charter ini akan disesuaikan dengan rangkaian perjalanan kereta reguler.

Tambahnya, ada hal yang membedakan antara pola pemesanan perorangan dan charter. Untuk layanan perorangan akan mendapat fasilitas di antaranya layanan makanan dan video audio di tempat duduknya.

Sementara, untuk pola charter ada tambahan fasilitas salah satunya karaoke. "Layanannya ada tambahan karaoke bisa, mini bar, masing-masing tipe ada juga tipe yang layanannya berupa tempat tidur," katanya.

Rangkaian kereta untuk pola charter yang disediakan antara lain tipe Nusantara, Sumatera, Jawa, Bali, Toraja, Priority dan Kereta Istimewa.

Kereta wisata tipe Nusantara, Sumatera dan Jawa masuk kelompok non Priority. Tipe kereta ini memiliki kapasitas antara 19 hingga 22 penumpang. Adapun tarif pola charter untuk perjalanan dari Stasiun Gambir ke Bandung senilai Rp 26,5 juta, Gambir ke Semarang Rp 32 juta, Gambir ke Yogyakarta 33,5 juta, dan Gambir ke Surabaya Rp 37 juta.

Kemudian, untuk kereta wisata tipe Priority tarifnya yakni Gambir ke Bandung Rp 28 juta, Gambir ke Semarang Rp 33,5 juta. Gambir ke Yogyakarta Rp 35 juta dan Gambir ke Surabaya Rp 39,5 juta. Kereta ini memiliki kapasitas 30 penumpang.

Tipe kereta Istimewa memiliki kapasitas yang lebih besar yakni mencapai 40 penumpang. Untuk tarifnya, rute Gambir-Bandung dibanderol dengan harga Rp 80 juta, Gambir-Semarang Rp 119,5 juta, Gambir-Yogyakarta Rp 128 juta, Gambir-Surabaya Turi Rp 160 juta.

Sebagai tambahan, tarif tersebut merupakan tarif sekali jalan. Tarif ini belum termasuk PPN 10%. Selain rute di atas, ada beberapa rute lain yang tersedia dengan tarif yang beragam.



Simak Video "Menilik Bus dengan Fasilitas Hotel Berbintang Cocok Buat Mudik Mewah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)