Simak! Cara Supaya Milenial Putus Rantai Generasi Sandwich

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 21 Apr 2022 14:01 WIB
Ilustrasi Stres karena Pandemi
Foto: Dennu Putra/Infografis detikcom
Jakarta -

Banyak anak muda di Indonesia yang menjadi generasi sandwich. Di mana mereka harus memenuhi kebutuhan diri atau keluarganya sendiri dan memenuhi kebutuhan orang tua sampai adik-adiknya.

Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B Sumintardja mengungkapkan saat ini memang generasi sandwich menjadi salah satu masalah yang harus diputus mata rantainya.

Hal ini agar generasi tersebut bisa mendapatkan kebebasan finansial atau mampu memenuhi kebutuhan diri sendiri hingga masa tua tanpa harus dibebani membiayai tanggungan lain.

Karena itu generasi sandwich membutuhkan bimbingan atau pelajaran pengelolaan uang yang baik. Hal ini agar cashflow yang didapatkan bisa dimaksimalkan baik untuk kebutuhan maupun tabungan di masa depan.

"Untuk kasus generasi sandwich ini harus mampu mengelola cashflow dengan baik. Karena sebesar apapun penghasilannya ketika tidak bisa mengelola dengan baik maka tidak akan pernah cukup," kata dia dalam konferensi pers, Kamis (21/4/2022).

Waasi menjelaskan memang mengelola cashflow agar menjadi baik membutuhkan sejumlah waktu. Tak bisa instan. Hal ini juga membutuhkan pelajaran setiap harinya.

Misalnya dengan sering mempelajari terkait keuangan sampai sering membahas masalah ini dengan teman-teman yang lebih dewasa sehingga bisa memberi pandangan atau arah yang benar.

Dia mengungkapkan dibutuhkan target dan strategi bagaimana cara mencapainya. Maka itu, Jenius meluncurkan program #langkahkecilhariini sebagai ajakan bagi masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka hari ini, esok, dan setiap harinya.

Berdasarkan survei daring yang dilakukan melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect pada 7 April 2022 dengan melibatkan 928 responden, ditemukan sebanyak 54% responden berusaha mencari solusi sendiri saat mengalami sebuah tantangan dalam menjalani hari dan 51% dari mereka juga sering merayakan berbagai pencapaian kecil atas usaha maupun langkah kecil yang berhasil mereka raih.

Selain itu, pada 18 April 2022, Jenius kembali mengadakan survei daring melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect dengan topik tujuan finansial yang ingin dicapai dengan melibatkan 256 responden.

"Sebanyak 89% responden memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai tahun ini. Tujuan finansial yang ingin dicapai pun beragam, mulai dari mengumpulkan dana darurat, membeli properti, tabungan untuk menikah, mengumpulkan biaya liburan, hingga membeli tiket konser musisi kesukaan," jelas dia.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "KNPI Canangkan Program Wajib Sarjana Bagi Generasi Milenial"
[Gambas:Video 20detik]