Mau Beli Twitter, Elon Musk Sudah Siapkan Uang Rp 664 Triliun!

ADVERTISEMENT

Mau Beli Twitter, Elon Musk Sudah Siapkan Uang Rp 664 Triliun!

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 08:31 WIB
Elon Musk
Foto: Instagram @elonrmuskk
Jakarta -

Elon Musk mengatakan telah menyiapkan pendanaan US$ 46,5 miliar sebagai komitmen untuk membiayai kesepakatan pengambilalihan Twitter. Dana yang disiapkan tersebut setara Rp 664,95 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.300/US$.

Pekan lalu bos Tesla itu pertama kali membuat penawaran publik untuk membeli perusahaan media sosial tersebut.

Menurut pengajuan dengan Securities and Exchange Commission pada hari Kamis, Musk mengatakan dia memiliki surat komitmen untuk membiayai kesepakatan itu, termasuk dua surat komitmen utang dari Morgan Stanley dan lembaga keuangan lain yang tidak disebutkan namanya, dan satu surat komitmen ekuitas dari dirinya sendiri.

Musk mengatakan dalam pengajuan bahwa dia belum menerima tanggapan resmi apa pun dari dewan Twitter atas tawarannya untuk mengakuisisi semua saham yang saat ini tidak dia miliki seharga US$ 54,20 per lembar, kesepakatan yang akan menghargai perusahaan sekitar US$ 41 miliar.

Dia mengatakan berusaha untuk merundingkan kesepakatan akuisisi yang pasti dan siap untuk memulai negosiasi

Pertanyaan tentang apakah Musk benar-benar dapat membiayai akuisisi Twitter berputar-putar pada hari-hari setelah tawaran pengambilalihannya, terutama setelah dia mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari penawarannya.

"Saya tidak yakin saya akan benar-benar dapat memperoleh (Twitter)," katanya.

Meskipun dia adalah orang terkaya di dunia, sebagian besar kekayaan Musk terikat pada saham Tesla, dan beberapa pengikut perusahaan berspekulasi bahwa Musk dapat meningkatkan utang terhadap saham yang secara historis bergejolak.

Sementara dewan Twitter belum secara resmi menanggapi tawaran Musk.

Musk mengatakan dalam pengajuannya bahwa dia menjajaki penawaran tender, sebuah langkah untuk membeli saham Twitter secara massal langsung dari pemegang saham yang dapat memberi tekanan tambahan pada dewan. Tetapi dia belum menentukan apakah akan melakukannya pada saat ini.

Dia sebelumnya telah menyinggung kemungkinan penawaran tender dalam beberapa tweet baru-baru ini.

Morgan Stanley tidak segera menanggapi permintaan komentar. Dalam sebuah pernyataan, Brenden Lee, juru bicara Twitter mengatakan perusahaan telah menerima proposal terbaru dan tidak mengikat dari Musk dan informasi baru tentang potensi pembiayaan.

"Seperti yang diumumkan dan dikomunikasikan sebelumnya kepada Mr. Musk secara langsung, Dewan berkomitmen untuk melakukan tinjauan yang cermat, komprehensif, dan disengaja untuk menentukan tindakan yang diyakininya merupakan kepentingan terbaik Perusahaan dan semua pemegang saham Twitter," kata Lee.



Simak Video "Elon Musk Ganti Nama Twitter Jadi 'Mr. Tweet'"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT