Tak Gentar Lawan Sanksi Barat, Putin Siapkan 4 Jurus Pamungkas!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 25 Apr 2022 09:09 WIB
1.

Tak Gentar Lawan Sanksi Barat, Putin Siapkan 4 Jurus Pamungkas!

Tak Gentar Lawan Sanksi Barat, Putin Siapkan 4 Jurus Pamungkas!
Jakarta -

Rusia digempur sanksi di sana sini oleh negara-negara barat. Hal itu buntut dari langkah invasinya ke Ukraina. Meski begitu, Presiden Vladimir Putin percaya sanksi-sanksi yang diberikan tidak akan merugikan negaranya.

Justru dia berpendapat, sanksi-sanksi yang dikenakan akan menjadi senjata makan tuan. Maksudnya, sanksi itu hanya akan merugikan negara-negara yang memberikan sanksi kepada Rusia. Putin akan melawan sanksi negara Barat dengan membuktikan negaranya mampu hidup di tengah gempuran sanksi yang ada.

Dilansir dari CNN, Senin (25/4/2022), saat ini Putin telah mencurahkan cukup banyak waktunya untuk meyakinkan publik Rusia soal pola pikirnya itu. Dia berusaha keras untuk meyakinkan masyarakat sanksi barat tidak akan merugikan Rusia.

Putin juga sedang mempersiapkan negaranya untuk jangka panjang. Dia mengatakan aliansi negara Barat tidak akan mundur dari kebijakan tekanan ekonominya, makanya sektor ekonomi Rusia harus menyiapkan langkah jangka panjang.

Lalu, strategi apa saja yang bisa dilakukan Putin untuk melawan sanksi aliansi negara Barat? Berikut ini daftarnya.

1. Desain Ulang Industri Otomotif

Merek mobil domestik era Soviet ikonik Rusia, Lada sangat bergantung pada suku cadang impor. Avtovaz, yang memproduksi mobil Lada, dimiliki oleh pembuat mobil Prancis Renault. Menurut Evgeny Eskov, pemimpin redaksi jurnal industri mobil Rusia Auto Business Review, perusahaan berbagi sistem pengadaan tunggal untuk suku cadang.

Pada 24 Maret, sebagai tanggapan atas berita bahwa Renault keluar dari pasar Rusia, Avtovaz mengungkapkan mereka harus segera mendesain ulang beberapa model bisnisnya, sehingga mereka tidak terlalu bergantung pada komponen impor.

Perusahaan tidak merinci model mana yang akan terpengaruh, tetapi mengatakan mobil-mobil akan tetap tersedia secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang.

Eskov mengatakan model yang didesain ulang akan menjadi versi yang lebih sederhana dari mobil saat ini, tanpa fitur tambahan seperti ABS.