Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

ADVERTISEMENT

Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 25 Apr 2022 13:59 WIB
ilustrasi investasi
Ilustrasi Bisnis/Foto: shutterstock
Jakarta -

Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan (laba). Arti bisnis juga bisa didefinisikan sebagai menyediakan barang dan jasa guna untuk kelancaran sistem perekonomian. Definisi tersebut tertulis dalam buku Pengantar Bisnis oleh Hadion Wijoyo, dkk.

Dalam arti luas, pengertian bisnis adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, pengertian bisnis memuat 4 aspek yakni, menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan laba, suatu kegiatan usaha dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sehari-hari.

Tujuan Bisnis

Mengapa bisnis itu penting untuk dilakukan? Tujuan bisnis adalah untuk mencapai kesejahteraan.

Berikut adalah beberapa tujuan bisnis:

  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga termasuk dalam tujuan bisnis.
  • Memenuhi kebutuhan hidup dengan sebuah produk dan jasa
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum
  • Memberikan kesejahteraan bagi para pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu panjang.

Jenis-jenis Bisnis

Dikutip dari buku 'Pendidikan ilmu Ekonomi dan Bisnis' oleh Dr. Nanda Dwi Rizkia, S.H., M.H., dkk, berdasarkan kegiatan usahanya, jenis bisnis adalah sebagai berikut:

Bisnis Agraris

Bisnis agraris adalah sektor usaha yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Bisnis ini mencangkup usaha contohnya pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Bisnis Industri

Bisnis industri adalah aktivitas untuk menghasilkan barang dari pengolahan bahan baku, menjadi barang setengah jadi kemudian diolah lagi menjadi barang jadi. Bisnis sektor ini adalah kegiatan menghasilkan nilai tambah.

Contohnya usaha dalam sektor rumah tangga, sektor usaha kecil, sedang, dan besar.

Bisnis Perdagangan

Bidang perdagangan adalah kegiatan utamanya melakukan transaksi jual berani barang untuk tujuan memperoleh laba. Uang jadi alat ukur dalam transaksi jual beli. Contohnya toko kelontong, kios, agen hingga distributor.

Bisnis Sektor Jasa

Bisnis jasa adalah usaha yang bergerak dibidang pelayanan. Usaha ini akan memberikan layanan yang dibutuhkan orang lain. Contohnya bimbingan belajar, rumah sakit, transportasi, hingga pelatihan.

Bisnis Sektor Pertambangan

Bisnis pertambangan adalah usaha yang sangat menguntungkan, karena bisa menyumbang pendapatan negara secara signifikan. Contohnya bisnis batu bara, emas, minyak bumi, pasir, bebatuan hingga beberapa galian mineral.

Bisnis Pariwisata

Bisnis pariwisata adalah usaha yang memanfaatkan alam, tatanan sosial, adat dan kesenian sebagai daya tarik untuk wisatawan.

Demikian penjelasan pengertian bisnis. Detikers, sekarang paham kan apa yang dimaksud dengan bisnis? Selamat belajar!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT