Penting! Baca Ini Dulu Kalau Mau Mudik Lewat Pelabuhan Merak

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 20:45 WIB
Sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Dermaga V Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022). Seiring makin meningkatnya jumlah arus mudik PT ASDP Merak menambah jumlah perjalanan/trip kapal ferry dari 72 trip menjadi 77 trip sejak Senin (25/4) dan secara keseluruhan total penumpang yang menyeberang naik tajam dalam 3 hari dari 23.650 orang menjadi 35.075 orang pada hari Senin (25/4) kemarin dengan rincian jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 627 orang dan 34.440 orang dalam kendaraan. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Jakarta -

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Pelabuhan Merak melonggarkan aturan penyeberangan pada edisi mudik 2022. Aturan ini berlaku bagi yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni maupun sebaliknya.

Tahun lalu, pengguna jasa wajib menunjukkan surat keterangan negatif COVID-19 berupa Rapid Test (RT) PCR atau Antigen. Kini aturan tersebut lebih fleksibel dengan beberapa ketentuan khusus.

Melansir dari aplikasi Ferizy milik PT.ASDP Indonesia Ferry, Surat keterangan negatif COVID-19 tidak diperlukan jika pemudik sudah memperoleh vaksin booster. Aturan ini berlaku juga bagi mereka yang berusia 6-17 tahun dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Selain dua kategori di atas, maka pengguna jasa tetap wajib menyertakan PCR atau ANTIGEN. Adapun masa berlaku RT PCR adalah 3x24 jam. Sementara Antigen berlaku 1x24 jam.

Bila pengguna jasa belum mendapat vaksin satupun, maka harus menyertakan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah. Selain itu yang bersangkutan perlu membawa surat keterangan negatif COVID-19 RT PCR.

Sebagai catatan, syarat penyeberangan di Pelabuhan Merak kali ini mewajibkan masyarakat untuk menginstall aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dari Google Play Store.

Selain itu pihak Pelabuhan Merak sudah tidak menerima transaksi tunai. Rangkaian pembelian tiket dan pembayaran dilakukan secara online lewat aplikasi Ferizy. Tidak disarankan membeli tiket dari calo sebab PT ASDP tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan.

Saat memesan tiket, calon pemudik wajib mengisi data diri sesuai dengan KTP. Jika menggunakan kendaraan pribadi sertakan juga data diri penumpang, jumlah penumpang, golongan kendaraan, dan nomor polisi sesuai STNK. Kesalahan atau ketidaksesuaian data pada dokumen membuat pengguna jasa berisiko tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Itulah serangkaian syarat penyeberangan di Pelabuhan Merak yang berlaku mulai bulan April 2022.



Simak Video "Cek Kesiapan Terminal Leuwipanjang, WalkotBandung: Operasional Bagus"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)