ADVERTISEMENT

Ratusan Pemotor Mulai Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 14:55 WIB
Pemudik motor berdatangan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka antusias ikut mudik gratis yang diadakan menjelang momen lebaran.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sebanyak 1.109 orang penumpang kapal KM. Dobonsolo termasuk di antaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya, hari ini (26/4/2022). Pelepasan mudik gratis itu dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Kapal KM. Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya untuk mobilitas penumpang dan barang, pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang dalam hal ini mewakili Plt Dirjen Perhubungan Laut saat mendampingi Menteri BUMN mengatakan bahwa setelah 2 (dua) tahun dilakukan pembatasan mudik, maka tahun ini sesuai arahan Presiden RI, masyarakat diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik dengan semua moda transportasi, tanpa harus melakukan tes PCR atau Antigen, asalkan sudah menjalani vaksin dosis lengkap dan booster.

"Mudik kali ini peran masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat sehingga diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk memastikan mereka sehat dan telah melakukan vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi. Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022, dan sebanyak 1.400.000 penumpang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234% dari tahun 2021.

"Hal ini sangat dimaklumi setelah selama dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan selama libur Lebaran," ujarnya.

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan. Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

"Untuk itu, Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran. Kami meminta agar pemudik dapat menggunakan angkutan umum, atau fasilitas mudik gratis, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, BUMN, maupun swasta, salah satunya program mudik gratis naik kapal laut ini," ujar Arif.

Layanan mudik gratis di halaman berikutnya.



Simak Video "Kakorlantas Polri Lepas 1.041 Pemudik dalam Program Mudik Gratis Polri"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT