Bertemu Elon Musk, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Gandeng Tesla

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 23:19 WIB
Bos BNBR Anindya Bakrie bertemu Bos Tesla Elon Musk
Foto: Dok. IG BNBR/Humas BNBR
Jakarta -

Rombongan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi didampingi beberapa pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) IIndonesia kunjungan ke Amerika Serikat (AS) dan singgah ke markas teranyar pabrik mobil listrik Tesla, Gigafactory di Austin, Texas, Senin (25/4/2022) waktu setempat.

Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia Anindya Bakrie, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), turut bergabung dalam rombongan mendampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan P Roeslani.

"Senang sekali bisa berjumpa langsung dengan Elon Musk dan berdiskusi panjang tentang Tesla serta industri elektrifikasi transportasi. Saat ini, salah satu kiblat dunia akan kemajuan industri EV (Electric Vehicle) adalah Tesla. Jadi memang amat banyak yang dapat kita pelajari dari pertemuan tadi," kata Anindya, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Seperti diketahui, saat ini Grup Bakrie melalui unit usaha VKTR (dibaca: Vektor) telah memulai upaya industrialisasi di bidang elektrifikasi transportasi di tanah air, dan telah menjalin kerjasama strategis dengan beberapa mitra baik di dalam maupun luar negeri.

"Bulan lalu kami menandatangani kesepakatan dengan produsen baterai ramah lingkungan BritishVolt di Inggris dalam hal penyediaan bahan baku baterai. Sebelumnya, VKTR juga telah bermitra dengan pemain EV global, BYD Auto," papar pria yang akrab disapa Anin itu.

Dengan mitra lokal, VKTR juga tercatat telah mengikat kerja sama dengan manufaktur badan bus Tri Sakti di Magelang, Jawa Tengah.

Penjajakan kerja sama dengan Tesla di halaman berikutnya. Langsung klik