ADVERTISEMENT

Jalan Tol Macet Panjang Saat Mudik Lebaran, Bakalan Jadi Gratis?

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 11:52 WIB
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022)/ Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Lalu lintas mudik Lebaran 2022 di jalan tol macet hari ini. Kemacetan terjadi di sejumlah titik Tol Cikampek dan Tol Cikopo-Palimanan.

Per pukul 09.46 WIB berdasarkan data dari Google Maps dan CCTV, kemacetan di Tol Cikampek terjadi di dua titik. Pertama di KM 37 hingga KM 57.

Lalu lintas sempat lancar setelah rest area KM 57. Kepadatan selanjutnya ditemui di KM 62 hingga KM 72.

Kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022 juga terjadi di Tol Cipali KM 74 hingga KM 82. Kepadatan juga terjadi di KM 82 sampai ujung Tol Cipali sisi timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tarif tol akan digratiskan jika macet lebih dari satu kilometer saat mudik Lebaran 2022. Mekanismenya akan diatur oleh Korlantas Polri.

"Jadi itu juga ada prosedurnya. Kan kewenangan sebagai ketua kelas itu adalah Kakorlantas. Polisi lah yang menilai apakah itu layak dilakukan, jadi jika itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari satu kilometer, kita berikan diskresi dan polisi memberikan diskresi untuk boleh (digratiskan)," ujar Budi saat meninjau Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (24/4).

Budi menyebut Tol gratis hanya opsi yang dilakukan jika memang terjadi kemacetan. Namun, ia menegaskan tetap menanggulangi jangan sampai terjadi kemacetan. Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Dengan menambah orang, by sistem, mengatur jalan dan sebagainya. Bahkan memberikan anjuran, menjual kartu-kartu di situ. Jadi ini adalah suatu dampak membuat operator itu lebih aware," ucapnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dihubungi terpisah mengatakan kemacetan tidak terjadi di gerbang tol (GT). Jika tarif tol digratiskan, maka ini menjadi diskresi Kepolisian.

"Kemacetan yang terjadi bukan karena permasalahan di pintu tol tapi akibat limpahan kepadatan Tol Cipali yang berimbas pada Tol Cikampek. Dan kalaupun akan diterapkan gratis, ini menjadi diskresi kepolisian," ujarnya kepada detikcom.

Simak Video 'Penampakan dari Udara Kemacetan di Tol Cipali!':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT