ADVERTISEMENT

Kemenhub Sebut Tarif Tol Digratiskan Saat Mudik Lebaran Diskresi Polisi

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 15:38 WIB
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022)/Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Kemacetan terjadi di sejumlah titik di jalan tol Trans Jawa saat masa mudik Lebaran 2022. Tarif tol bakal digratiskan?

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan kemacetan terjadi bukan di gerbang tol (GT), melainkan karena kepadatan di Tol Cipali yang berdampak ke lalu lintas Tol Cikampek.

"Kemacetan yang terjadi bukan karena permasalahan di pintu tol tapi akibat limpahan kepadatan Tol Cipali yang berimbas pada Tol Cikampek," katanya kepada detikcom, Kamis (28/4/2022).

Adita melanjutkan, digratiskannya tarif tol merupakan diskresi pihak Kepolisian. "Dan kalaupun akan diterapkan gratis, ini menjadi diskresi Kepolisian," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tarif tol akan digratiskan jika macet lebih dari satu kilometer saat mudik Lebaran 2022. Mekanismenya akan diatur oleh Korlantas Polri.

"Jadi itu juga ada prosedurnya. Kan kewenangan sebagai ketua kelas itu adalah Kakorlantas. Polisi lah yang menilai apakah itu layak dilakukan, jadi jika itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari satu kilometer, kita berikan diskresi dan polisi memberikan diskresi untuk boleh (digratiskan)," ujar Budi saat meninjau Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (24/4).

Simak video 'Mau Mudik Pakai Mobil? Segini Tarif Tol Trans Jawa':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT