Mudik Lebaran 2022, Kemenhub Uji Petik Kapal Hingga Tambah Rute di Aceh

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2022 11:30 WIB
Kemenhub Tingkatkan Pengawasan Kapal Laut di Aceh Saat Mudik
Kemenhub Tingkatkan Pengawasan Kapal Laut di Aceh Saat Mudik/Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meningkatkan pengawasan angkutan lebaran 2022/1443 H di berbagai wilayah termasuk di Banda Aceh.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas II Sabang sekaligus Koordinator Wilayah Aceh dalam pembentukan tim Posko angkutan laut lebaran, Andi Aswad mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan guna menjaga keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran debarkasi/embarkasi pelabuhan penyeberangan Banda Aceh - Sabang, Provinsi Aceh.

"Pada pelabuhan penyeberangan Banda Aceh-Sabang telah dilakukan upaya berkoordinasi dengan KSOP Malahayati, KSOP Sabang, BPTD, Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, TNI dan Polri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Andi mengungkapkan, Disnav Sabang dalam kesiapannya telah berkoordinasi dengan BPTD Wilayah I Aceh dalam pelaporan menggunakan Stasiun Radio Pantai (SROP) yang berada di Banda Aceh dan Sabang, dalam pelaksanaan monitoring Pergerakan Kapal ASDP melalui sistem AIS (Automatic Identification System).

"Dan sebagai bentuk dukungan menyiagakan kapal KN. Antares & KN.Benggala serta Kapal Patroli Ksop Malahayati dan Kapal Patroli Ksop Sabang sebagai alternatif apabila terjadi lonjakan arus penumpang yang diprediksi pada tahun ini, serta akan dilakukan penambahan trayek kapal penumpang akibat lonjakan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi," ujarnya.

Pengawasan Kapal Cepat

Setelah masa pandemi, Pelabuhan Balohan di Sabang secara berangsur mulai kedatangan wisatawan untuk berkunjung.

"Diprediksi aktivitas lonjakan penumpang berlibur ke Sabang mulai berdampak terutama wisatawan lokal di moment lebaran sebagai kota dengan tujuan salah satu destinasi wisata unggulan di Aceh," papar Kepala KSOP Sabang, Sutarmo

Langkah penting lainnya dalam hal peningkatan keselamatan kapal, telah dilakukan Uji Petik Kapal oleh Tim Direktorat Perkapalan dan Kepelautan beserta Tim KSOP Kelas IV Sabang terhadap kapal penumpang Ferry Cepat pada pelabuhan Balohan (Sabang) dan memastikan setiap Pemilik atau Operator dan juga Nakhoda kapal kecepatan tinggi melaksanakan dan melaporkan hal-hal yang menjadi persyaratan keselamatan sebelum keberangkatan kapal.

"Untuk mengantisipasi guna meningkatkan pengawasan keselamatan kapal, khususnya kapal kecepatan tinggi, serta antisipasi terhadap Keselamatan Pelayaran diatas Kapal," tegas Sutarmo.

Ada penambahan rute kapal laut. Cek halaman berikutnya.