Era Mobil Listrik di Depan Mata! Sudah Banyak Dipakai Mudik Lebaran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 04 Mei 2022 16:00 WIB
Ilustrasi macet di Tol Cikampek malam hari
Foto: Ilustrasi macet di Tol Cikampek malam hari (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

PT PLN (Persero) menyatakan kendaraan listrik yang digunakan untuk mudik terus bertambah tahun ini. PLN menilai era penggunaan mobil listrik sudah ada di depan mata.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali Haryanto WS mengatakan penggunaan listrik untuk SPKLU naik 20% di sepanjang Jawa hingga Bali. Menurutnya hal ini menyiratkan penambahan penggunaan mobil listrik.

Sayangnya, Haryanto tidak merinci ada berapa banyak penggunaan mobil listrik yang terpantau pada SPKLU yang disiapkan PLN.

"Kali ini ada kenaikan 20% dibandingkan penggunaan listrik mobil listrik tahun lalu, ini fenomena luar biasa dari era penggunaan mobil listrik," ungkap Haryanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/5/2022).

Pihaknya sendiri sudah menyediakan sederet SPKLU di rest area tol sepanjang Jawa dan Bali. Dalam catatan detikcom, ada 8 titik SPKLU di sepanjang jalan tol dari Jawa ke Bali. Mulai dari Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), dan Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo).

Kemudian Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci) dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

Tak hanya di rest area, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang disediakan di tempat lain oleh PLN. Setidaknya saat ini PLN sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

Haryanto mengatakan pihaknya juga mengatakan sudah ada fast charging atau pengisian daya mobile yang bisa langsung mendatangi mobil yang kehabisan daya listrik di jalan.

Lanjut halaman berikutnya.