Siap-siap! Usai Lebaran Makin Banyak Warga Desa Cari Kerja di Kota

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Usai Lebaran Makin Banyak Warga Desa Cari Kerja di Kota

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Mei 2022 13:35 WIB
Para pencari kerja serbu Job For Career 2015 yang digelar di Gelora Bung Karno, Senayan,  Selasa (29/9/2015).  Bursa kerja tersebut berlangsung selama dua hari yang diikuti sejumlah perusahaan
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pascalebaran diperkirakan akan terjadi urbanisasi besar-besaran. Kota besar masih jadi magnet bagi para pencari kerja, terlebih di tengah pelonggaran kegiatan masyarakat dan pemulihan ekonomi yang kini sedang berlangsung.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad, menjelaskan bahwa saat virus Corona (COVID-19) merebak sebagian warga urban pulang ke kampung halamannya, terutama mereka yang bekerja di sektor informal, pelaku UMKM dan sebagainya.

Kemudian di sektor formal juga banyak orang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), baik karena perusahaannya tutup, mengalami penurunan omzet dan pengurangan jam kerja.

"Mereka banyak kembali ke desa dan kita lihat banyak yang justru di fenomena kemarin (saat COVID-19 merebak) banyak yang mereka bekerja di sektor pertanian. Jadi itu fenomena yang memang terjadi," katanya kepada detikcom, Kamis (5/5/2022).

Dia menjelaskan, pada saat pandemi, penyerapan tenaga kerja yang bertambah adalah di sektor pertanian karena sektor tersebut menjadi bumper. Tetapi setelah pandemi mereda mereka kembali ke kota untuk bekerja di sektor perdagangan, jasa maupun sektor industri.

"Nah ketika di 2021 saya lihat datanya sudah mulai kembali lagi begitu, mereka mulai katakanlah bekerja ke sektor-sektor yang dulu mereka bekerja, terutama di sektor perdagangan, sektor industri," sebut Tauhid.

Menurutnya urbanisasi akan semakin besar karena pemerintah mulai melonggarkan pembatasan fisik atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), serta terjadinya pemulihan ekonomi.

"Saya kira ini yang melihat urbanisasi akan semakin besar. Yang pertama ya, pembatasan fisik itu sudah mulai hilang. Jadi keramaian sudah ada, UMKM bisa lagi berusaha begitu, ditandai oleh apa? ya tadi pusat-pusat perbelanjaan sudah mulai ramai ya, dan sebagainya, sudah mulai ramai lagi kan," tuturnya.

"Yang kedua mulai muncul lowongan pekerjaan dan sebagainya sehingga mereka akan kembali ke wilayah perkotaan," sambung Tauhid.

Jadi, dia menambahkan, dua faktor itu akan menarik terjadinya urbanisasi karena sektor informal dan jasa sudah mulai bergeliat setelah PPKM dilonggarkan, maupun adanya kebutuhan akan tenaga kerja karena perusahaan sudah mulai pulih.



Simak Video "Netflix Cari Pramugari, Gajinya Capai Rp 5,8 Miliar per Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT