Pemerintah Harus Lakukan Ini Buat Bendung Urbanisasi Usai Lebaran

ADVERTISEMENT

Pemerintah Harus Lakukan Ini Buat Bendung Urbanisasi Usai Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Mei 2022 19:30 WIB
Ratusan pemudik bersiap menaiki kereta api jarak jauh tujuan akhir Surabaya dan Malang di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4). Dilaporkan jumlah penumpang meningkat hingga 95 persen.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Urbanisasi diperkirakan akan marak terjadi pascalebaran. Pemerintah perlu melakukan beberapa hal untuk membendung banjirnya pergerakan warga desa ke kota-kota besar.

Kuncinya adalah menyediakan lapangan pekerjaan di desa-desa untuk menyerap sumber daya manusia (SDM) yang ada di sana. Oleh karena itu perlu adanya investasi yang masuk ke desa.

"Yang saya kira penting, pertama adalah tentu saja bagaimana di daerah-daerah mereka asalnya itu katakanlah ada investasi masuk ke daerah-daerah asal mereka, apakah untuk sektor pertanian, industri berbasis perdesaan atau pariwisata dan sebagainya sehingga mereka tidak perlu lagi keluar dari daerahnya," kata Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad kepada detikcom, Kamis (5/5/2022).

"Jadi mereka pokoknya ada pekerjaan lah di situ sehingga nggak perlu keluar, tenaganya terserap," sambungnya.

Kemudian yang kedua perlu adanya peningkatan kapasitas SDM atau kemampuan yang sesuai kebutuhan untuk daerahnya.

"Misalnya di desa-desa kalau bisa SDM-nya mereka dibangun untuk pertanian atau apapun sehingga mereka tidak perlu katakanlah pindah ke tempat lain," terangnya.

Ketiga, yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan infrastruktur, mulai dari pendidikan hingga kesehatan sehingga tidak ada perbedaan antara fasilitas di desa dan di kota. Dengan demikian kota tidak lagi menjadi daya tarik masyarakat desa.

"Tentu saja daerah-daerah asal mereka harus dibangun infrastruktur yang memadai apakah untuk pendidikan, kesehatan, dan sebagainya," tambahnya.



Simak Video "Selain CV, Medsos Juga Penting Loh Untuk Screening Calon Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT