Buruh Tak Bisa Aksi di Istora 14 Mei: Sedang Pemeliharaan-Tak Ada Pemesanan

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 07 Mei 2022 11:30 WIB
Foto udara proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (14/4/2022). Pembangunan stadion seluas 30.720 meter persegi tersebut ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) tahun 2023 mendatang dan ditargetkan rampung pada bulan Juni 2023. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta -

Pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno selaku pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) mengatakan pada 14 Mei 2022 Istora GBK tidak bisa digunakan karena masih dalam proses pemeliharaan.

Hal ini menjawab keterangan dan rencana dari Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia yang mengumumkan sebelumnya bahwa akan menggelar aksi Hari Buruh atau May Day pada 14 Mei 2022 di DPR dan Istora Senayan.

"Pada tanggal 1 sampai dengan 14 Mei 2022 Istora GBK dalam kondisi tidak dapat digunakan untuk menggelar acara karena sedang dalam proses pemeliharaan (maintenance) venue," kata Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (7/5/2022).

Pengelola GBK juga mengatakan hingga saat ini untuk penggunaan venue Istora GBK pada tanggal 14 Mei 2022 tidak ada pemesanan venue khususnya untuk kegiatan peringatan Hari Buruh karena venue tutup.

"Penggunaan venue di dalam Kawasan GBK dapat dilakukan melalui www.reservation.gbk.id," jelasnya.

Selain aturan harus adanya reservasi, pihak pengelola GBK juga menekankan penyelenggaraan kegiatan yang akan digelar di Kawasan GBK harus mendapat izin atau rekomendasi dari pihak yang berwenang.

"Pengajuan kegiatan tersebut juga harus mengikuti prosedur yang diatur dalam syarat dan ketentuan penggunaan venue di Kawasan GBK yang telah ditetapkan oleh PPKGBK. Kapasitas tribun Istora GBK sebanyak 7.098 kursi," ungkap keterangan pihak GBK.

Kata buruh mau gelar aksi di DPR dan Istora Senayan. Klik halaman berikutnya.