Toko di Rusia Ditutup, IKEA Tetap Gaji Karyawan

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 09:22 WIB
Warga Rusia Serbu IKEA
Foto: AP/Warga Rusia Serbu IKEA
Jakarta -

Toko furniture terbesar di dunia IKEA, Ingka Group memperpanjang pembayaran gaji sebanyak 12.000 staf di Rusia selama tiga bulan, hingga Agustus. Sebelumnya dikatakan hanya sampai Mei 2022.

IKEA sendiri diputuskan untuk menutup toko di Rusia pada Maret lalu. Alasanya karena gangguan rantai pasokan dan kondisi perdagangan yang menantang karena invasi Rusia ke Ukraina. Pada saat itu, dikatakan semua staf yang terkena dampak tetap akan digaji sampai Mei 2022.

"Kami telah berhasil memperpanjangnya hingga enam bulan. Kami terus memantau, menganalisis, melihat apa yang terjadi dan akan membuat keputusan saat kami maju," kata Manajer Ritel Ingka Tolga Oncu, dikutip dari Reuters, Senin (9/5/2022).

Namun Oncu menolak untuk memberikan rincian tentang dari mana uang untuk membayar gaji tersebut, di sisi lain toko tengah ditutup. Oncu juga menolak untuk mengatakan apakah IKEA sedang mempertimbangkan untuk keluar dari Rusia sama sekali.

"Kami mematuhi semua sanksi. Kami memanfaatkan aset yang kami miliki (di Rusia)," lanjutnya.

Sebagai informasi, IKEA beroperasi melalui sistem waralaba dengan Ingka sebagai pemegang waralaba utama untuk Inter IKEA, yang juga bertanggung jawab atas pasokan dan di Rusia mempekerjakan 2.500 orang di tiga pabrik.

Ingka, juga salah satu pemilik pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Sejauh mereka tetap membuka 14 malnya di Rusia dengan merek "MEGA".

Ingka memiliki 17 toko di Rusia dan satu pusat distribusi. Pada tahun fiskal terakhir, Rusia adalah pasar terbesar ke-10 dengan penjualan ritel 1,6 miliar euro, atau 4% dari total penjualan ritel.

Selain IKEA, banyak perusahaan yang juga memang menghentikan bisnisnya di Rusia. Perusahaan itu termasuk McDonalds (MCD.N) dan Renault (RENA.PA). Mereka juga berkomitmen untuk tetap memberikan gaji kepada pekerja di Rusia.



Simak Video "Dubes Lyudmila Pertanyakan Respon dan Sanksi Yang Diterima Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)