Klaim Pandemi Terkendali, Luhut Pamer Angka Pengangguran Turun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 15:16 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Langkah pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 telah memberikan dampak perekonomian. Hal itu terlihat dari angka pengangguran yang turun.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

"Langkah efektif yang diambil oleh pemerintah dalam penangangan pandemi ini juga memberikan dampak penurunan terhadap tingkat pengangguran yang semula berada pada posisi 6,26% pada periode bulan Februari 2021 menurun hingga posisi 5,83% pada periode bulan Februari 2022. Hal ini membawa dampak yang positif bagi pemulihan ekonomi di Indonesia," paparnya.

Luhut juga mengatakan, penanganan pandemi yang dipicu oleh varian omicron semakin baik. Hal itu tampak dari pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2022.

Luhut menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh konsumsi, investasi dan ekspor.

"Kondisi pandemi yang disebabkan oleh varian omicron di Indonesia terlihat terus membaik, hal ini terjadi berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif sehingga juga tetap menjaga kinerja perekonomian Indonesia hingga hari ini," katanya.

"Kinerja pertumbuhan ekonomi Q1 tetap pada posisi yang kuat, tumbuh 5,01%, didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang solid meski dihadapkan pada tekanan varian omicron. Angka ini relatif baik dibandingkan dengan negara-negara dunia," sambungnya.

(acd/dna)