Podcast: Jalan Ninjaku Menangkis Badai Harga-harga Naik

ADVERTISEMENT

Tolak Miskin

Podcast: Jalan Ninjaku Menangkis Badai Harga-harga Naik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 08:45 WIB
Podcast: Jalan Ninjaku Menangkis Badai Harga-harga Naik
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Dunia tengah menghadapi kenaikan harga-harga komoditas yang bermuara pada naiknya sejumlah harga kebutuhan masyarakat. Inflasi pun jadi ancaman, khususnya buat masyarakat di negara berkembang.

Krisis energi, pangan, hingga perang Ukraina dan Rusia membuat harga-harga kebutuhan pokok seperti minyak goreng, gula, cabai, sampai bensin terus naik. Tak cukup sampai di sana, tarif harga yang diatur pemerintah juga naik mulai dari tarif tol hingga PPN dan PPh. Naiknya harga-harga inilah yang menjadi ancaman badai inflasi ke depan.

Terbukti inflasi bulanan pada Maret 2022 terpantau naik 0,66% atau tertinggi sejak Mei 2019. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, inflasi yang terus meningkat ini jadi ancaman tersendiri bagi negara berkembang. Terlebih negara yang memiliki fiskal terbatas.

Lalu, apa yang kita bisa lakukan saat kondisi harga-harga serba naik? Pelaku frugal living di Indonesia, Samuel Ray berbagi tips untuk itu. Konon, dengan menerapkan frugal living, ada manfaat yang bisa didapat selain dari sekadar menangkis bada inflasi.

Dengarkan obrolannya di episode terbaru podcast Tolak Miskin: Jalan Ninjaku Menangkis Badai Harga-harga Naik, bersama Samuel Ray. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan podcast Tolak Miskin di Spotify dan kanal siniar lainnya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT