Mal Diserbu Bulan Ramadan dan Lebaran, Warga Cari Baju hingga Hiburan

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 11:59 WIB
Mal mulai menarik pengunjung di Lebaran kedua dengan aneka diskon
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom: Mal mulai menarik pengunjung di Lebaran kedua dengan aneka diskon
Jakarta -

Kondisi pusat perbelanjaan tahun ini mulai berjalan normal. Ada kenaikan jumlah pengunjung yang dimulai sejak bulan Ramadan.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan terjadi kenaikan jumlah pengunjung di H+ 2 Lebaran. Kondisi ini terus berlanjut sampai dengan hari Minggu (7/5/2022) Kemarin.

"Saat Idul Fitri umumnya kunjungan ke Pusat Perbelanjaan pada hari kedua akan lebih tinggi daripada hari pertama," katanya kepada detikcom, dikutip Rabu (11/5/2022).

Di hari tersebut pengunjung banyak membeli produk makanan dan juga hiburan. "Masyarakat akan lebih banyak berbelanja untuk kategori makanan dan minuman serta hiburan," imbuhnya.

Sementara itu puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan terjadi sekitar satu minggu sebelum hari Idul Fitri. Pakaian dan keperluan rumah tangga menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

"Untuk Ramadhan tahun 2022 ini puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan telah terjadi pada tanggal 23-24 April 2022 yang lalu," ungkap Alphonzus.

Ia menambahkan dibolehkannya kembali mudik dan pelonggaran untuk melakukan perjalanan memang berpengaruh terhadap jumlah kunjungan mal. Namun tetap ada peningkatan kunjungan sebesar 30% dibandingkan tahun 2021.



Simak Video "Viral Atap Solo Paragon Mal Bocor, Pengelola Angkat Bicara "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)