Mentan Tetapkan 6 Wilayah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku, Ini Daftarnya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 17:32 WIB
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menetapkan ada enam wilayah yang dilanda wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Sebanyak enam wilayah tersebar di dua kabupaten di Aceh dan empat kabupaten di Jawa Timur.

"Kabupaten Aceh itu adalah Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Yang kedua di Jawa Timur di Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto, " paparnya saat konferensi pers di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (11/5/2022).

Ia menegaskan, setelah ditemukan wabah itu maka Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah mengintervensi daerah-daerah yang terjangkit wabah PMK.

Menurutnya, PMK merupakan salah satu wabah penyakit yang penularannya sangat cepat hanya melalui udara dan kontak langsung.

"Sehingga memang daerah-daerah ini harus menjadi daerah yang sepenuhnya dalam kendali yang baik, baik oleh pemerintah kabupaten atau pemerintah provinsi maupun dari jajaran Kementan untuk bisa mengendalikan agar tidak terjadi mutasi-mutasi yang berlebihan," jelasnya.

Dari beberapa pertemuan yang dilakukan Kementan di lapangan atau pun pertemuan melalui rapat koordinasi dengan pimpinan daerah, khususnya yang ada di Jawa Timur dan Aceh.

Syahrul mengungkapkan ada tiga langkah utama yang sudah dilakukan. Pertama adalah langkah darurat atau agenda SOS menghadapi wabah PMK.

Kedua adalah langkah sementara agar wabah tidak menyebar terlalu jauh dari apa yang sudah Kementan intervensi. Ketiga adalah langkah pemulihan.

(ara/ara)