PNS Serius Bisa Work From Anywhere? Aturannya Sudah Sampai Mana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 10:34 WIB
An asian chinese male working at home using laptop video conference call meeting
Foto: Getty Images/chee gin tan
Jakarta -

Pemerintah tengah menyiapkan sistem kerja Flexible Working Arrangement (FWA). Di dalam sistem kerja ini memuat sistem kerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA).

Pembahasan lintas instansi telah dilakukan untuk mewujudkan sistem kerja tersebut. Saat ini, pemerintah juga tengah menyusun Rancangan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (RPermenPANRB).

Demikian disampaikan Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce kepada detikcom, Kamis (12/5/2022).

"Saat ini sudah dilakukan FGD dan pembahasan bersama Kemenkeu, Kementerian PPN/Bappenas, LAN dan melibatkan Pemprov salah satunya Pemprov Jabar. Dan juga RPermenPANRB telah disusun untuk difinalisasi oleh Tim Perumus," terangnya.

Terkait RPermenPANRB, tambahnya, diharapkan bisa secepatnya diharmonisasi. Sejalan dengan itu, pihaknya juga berharap agar setiap instansi melakukan identifikasi pekerja mana saja yang bisa menerapkan sistem kerja FWA.

"Diharapkan dalam penerapannya setiap instansi melakukan identifikasi pekerjaan mana saya yang bisa dilakukan sehingga tetap dapat menjamin pencapaian kinerja organisasi, efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik," ujarnya.

"Sebagai contoh jenis pekerjaan analis/telaah kebijakan, perencanaan program, penelitian kebijakan tertentu, administrasi perkantoran, dan sebagainya," imbuhnya.



Simak Video "Cegah Macet, Polri Sarankan Warga Mudik Tanggal Segini"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)