ADVERTISEMENT

2 Sumber Cuan Dari Live Media Sosial

Edward F. Kusuma - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 07:37 WIB
Jakarta -

Saat ini, sudah terlambat untuk terkaget-kaget pada fenomena orang beramai-ramai mencari uang melalui platform media sosial. Sebab, tren itu sudah berjalan cukup lama dan berkembang begitu pesat. Namun demikian, tidak ada kata terlambat untuk mulai dan mengejar ketertinggalan itu.

Walaupun tergolong simple, namun ada yang perlu dipahami sebelum menjaring cuan di media sosial. Setiap orang harus mengerti karakteristik platform tempatnya menambang uang, dengan demikian prosesnya akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Fajar M. Triawinata seorang content creator dengan nama akun @fvajar_37 menjelaskan, persona harus diperkuat sehingga membentuk karakter yang nantinya akan dikenal oleh brand yang ingin mengajak bekerjasama. Baginya, peluang akan selalu ada dan berbanding lurus dengan tingkat popularitas akun buatannya.

"Sebenarnya nggak cuma dipatok dengan live saja untuk kita mendapatkan uang. Banyak peluang datang ketika kita sudah bisa mereview produk dengan baik, kemudian kita bisa bikin video yang sering FYP di TikTok, itu akan banyak brand berdatangan ke kita," ujar Fajar dalam d'Mentor Kamis, (12/5/2022).

Dengan demikian, ungkap Fajar, pendapatan yang diperoleh bisa datang dari dua arah sekaligus yaitu biaya endorsement serta saweran gift dari penonton live di media sosial. Baginya, mengenal karakteristik serta fitur-fitur media sosial tertentu adalah modal untuk membuat produk konten yang bisa dijadikan sumber uang.

Fajar menambahkan, kunci utama untuk mencapai kesuksesan yang ia dapatkan adalah konsistensi dalam membuat karya. Agar mudah, dalam memproduksi konten, Fajar menyarankan untuk memulai dari hal yang disukai atau dipahami.

"Jadi starts from what you like dulu. Karena kalau kita udah suka dan sering bikin videonya, orang akan ngikutin. Jadi, jangan sampai kita bikin akut Tiktok, kita tidak suka sama akun kita sendiri. Kemudian kalau kita orientasinya keuang, itu belum bisa sih," kata Fajar.

Saksikan Juga Video Lengkap d'Mentor: Berburu Saweran Gift di Media Sosial

[Gambas:Video 20detik]



(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT