Bahlil Jaring Pengusaha AS, Ungkap Proyek Besar Microsoft di RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 14 Mei 2022 07:30 WIB
Logo Microsoft
Foto: Dok. Istimewa: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengumumkan telah bertemu dengan 12 perusahaan Amerika Serikat (AS). Pertemuan ini dilakukan sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan delegasi menghadiri KTT ASEAN-AS di Washington DC.

Pertemuan itu juga termasuk dengan salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia, Microsoft. Bahlil pun mengungkap isi pertemuan itu terkait progres proyek data center dan beberapa infrastruktur telekomunikasi.

"Pertama dengan Microsoft ini akan membangun data center dan beberapa infrastruktur telekomunikasi di sana. Ini sudah dimulai," kata Bahlil, dikutip dari keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022).

Kemudian, Bahlil juga mengungkap pertemuan itu juga dilakukan dengan Cargill, Air Product, Chevron dan Freeport. Ada pula perusahaan lampu Alphalite yang akan menyuplai kebutuhan lampu di hampir semua negara.

Seperti diberitakan detikcom sebelumnya, Kamis (25/2/2021), menurut Haris Izmee Presiden Direktur Microsoft Indonesia Azure Data Center Region yang dibangun ini bakal melayani kebutuhan data center di Indonesia dan juga negara lain.

Data centernya pun mempunyai sejumlah daerah berbeda, dan setiap daerah ini akan satu atau lebih data center dengan lokasi fisik yang berbeda. Dengan pembangunan data center ini, Indonesia akan bergabung dengan infrastruktur cloud Microsoft yang saat ini ada di lebih dari 60 wilayah pusat data yang diumumkan hingga saat ini.

"Azure Data Center Region di Indonesia, untuk melayani kebutuhan pusat data nasional dari Sabang sampai Merauke, dari Indonesia untuk dunia," ujar Haris.

"Azure Data Center Region di Indonesia akan memiliki beberapa availability zone, di mana di setiap zona akan memiliki satu atau lebih pusat data dengan lokasi fisik yang berbeda dan memiliki sumber energi, pendingin, dan jaringan yang mandiri untuk melindungi data anda," tambahnya.

(hns/hns)