Perjalanan Sepatu Made In Bandung yang Dipakai Jokowi, Modal Awal Rp 5 Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 18:05 WIB
Sepatu Nah Project
Foto: Sepatu Nah Project (Istimewa/Nah Project)
Jakarta -

Sepatu buatan anak bangsa NAH Project mendadak jadi perhatian. Sepatu tersebut sering digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahkan yang terakhir Jokowi menggunakan sepatu NAH Project saat melakukan pertemuan dengan Elon Musk di Amerika Serikat.

Dari banyak foto yang beredar, nampak sepatu bernama FlexKnit keluaran NAH Project digunakan Jokowi saat bertemu dengan Elon Musk di markas SpaceX, di Boca Chica, Amerika Serikat.

Jokowi kala itu mengenakan kemeja putih khasnya dengan setelan celana panjang hitam. Pakaiannya itu dipadukan dengan sepatu FlexKnit.

Di balik hingar bingar sepatu NAH Project, ada cerita unik dari salah satu founder NAH Project. Di tahun 2018 silam, Rizky salah satu founder NAH Project pernah bercerita kepada detikcom bahwa usahanya itu cuma dibesut dengan modal Rp 5 juta saja.

Modal tersebut untuk kebutuhan operasional. Sementara biaya produksi ditalangi oleh vendor yang membuat sepatu. Setelah dapat untung dari penjualan, baru biaya produksi dibayar ke vendor.

"Modal awal itu, pertama karena ada kenalan vendor jadi bisa utang. Modal operasional kita kumpulkan sedikit, Rp 3-5 juta," katanya saat dihubungi detikcom di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Modal senilai Rp 5 juta itu dikumpulkan dengan berbagai cara, mulai dari patungan tim yang terdiri dari empat orang, hingga menjual barang-barang yang dia punya.

Jadi, dia menceritakan sebelum berbisnis sepatu sempat mencicipi bisnis pakaian. Setelah berhenti dari bisnis tersebut masih ada sisa yang belum terjual.

"Iya benar, modal patungan kita semua, sama ada produk produk yang lama lama gitu kita jual. Jadi produk produk baju, dulu awal kan kita produksi baju. Terus kita mau ke arah sepatu, jadi bajunya kita jual jualin untuk modal bikin sepatu," lanjutnya.

Perihal FlexKnit sendiri, produk sepatu yang memiliki bentuk cukup sederhana itu telah dirilis NAH Project sejak 2018.

Di dalam websitenya nahproject.com, sepatu itu disebut-sebut memiliki beberapa kelebihan. Sepatu FlexKnit diklaim sangat ringan dan nyaman digunakan, sepatu ini juga anti slip, dan memiliki material yang tidak gerah.

Sepatu FlexKnit yang digunakan Jokowi berwarna Carbon Black. Seluruh badan hingga tali sepatu berwarna hitam, sementara itu solnya berwarna putih.

NAH Project menawarkan seri FlexKnit dengan ukuran mulai 36 hingga 46. Harganya dibanderol sebesar Rp 435.000 untuk satu pasangnya.

Lihat Video: Usai Bertemu Jokowi di Markas SpaceX, Elon Musk: Sebuah Kehormatan

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)