Bak Bumi dan Langit, Bisnis Masker Dulu Melejit Sekarang Sepi!

- detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 10:50 WIB
Suasana Pasar Pramuka
Foto: Suasana Pasar Pramuka (Ilyas Fadilah/detikcom)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mulai melandai di Indonesia. Banyak pelonggaran ditetapkan pemerintah Indonesia, termasuk pelonggaran kebijakan penggunaan masker.

Terkait hal tersebut, lantas bagaimana kondisi penjualan masker di toko-toko kesehatan? Dari penelusuran detikcom, Rabu (18/5/2022) pagi di Pasar Pramuka Jakarta, aktivitas jual beli di pasar Pramuka terpantau sepi pengunjung.

"Sepi bang, dari Ramadan kemarin mulai sepi," kata Alam, pegawai di salah satu toko kesehatan di pasar pramuka. Alam mengungkap jika kondisi ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya.

Menurut alam puncak kunjungan di Pasar Pramuka, khususnya pengunjung yang mencari masker terjadi di tahun 2020. Sementara tahun 2021 dan 2022 jumlah pengunjung kembali normal seperti saat corona belum ada.

"Kalau 2020 itu baru rame, soalnya ada corona juga kan," ungkapnya. Perantau asal Padang ini mengatakan jika pelandaian jumlah pembeli masker terjadi sejak pandemi mulai mereda.

Suasana Pasar PramukaSuasana Pasar Pramuka, Foto (Ilyas Fadilah/detikcom)

Sama seperti Alam, Dwi penjaga toko Alkes di Pasar Pramuka berkata jika pengunjung tokonya berkurang setelah pandemi melandai.

"Ya sejak corona sepi, jadi pengunjung nggak seramai dulu. Kan harga masker juga udah normal sekarang," katanya.

(Ilyas Fadilah/dna)