Jokowi Ungkap Data Pasokan Minyak Goreng Curah Melimpah-Harga Turun

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 18:12 WIB
Jokowi izinkan lepas masker merupakan aturan yang baru dikeluarkan. Jokowi memberikan pelonggaran penggunaan masker, yakni boleh tidak menggunakannya saat berada di luar ruangan.
Foto: Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap saat ini pasokan minyak goreng curah untuk kebutuhan nasional sudah melimpah. Bahkan harga rata-rata nasional telah menurun.

Berdasarkan data yang didapat Jokowi di lapangan dan laporan yang diterima, pasokan minyak goreng curah saat ini mencapai 211 ribu ton per bulannya. Total itu setelah adanya pelarangan ekspor yang dilakukan pemerintah pada April 2022 lalu.

"Setelah dilakukan pelarangan ekspor pada April, pasokan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya. Melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," ujarnya dalam keterangan pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/5/2022).

Total itu lebih tinggi dibandingkan dengan pasokan sebelum dilakukannya larangan ekspor, di mana pada Maret pasokannya hanya 64,5 ribu ton. Adapun total kebutuhan rata-rata nasional untuk minyak goreng curah sebesar 194 ribu ton per bulannya.

Melimpahnya pasokan minyak goreng curah, juga diiringi dengan harga komoditas pokok itu yang menurun. Jokowi mengatakan sebelum adanya pelarangan ekspor, pada April harga minyak goreng curah berkisar Rp 19.800.

"Dan setelah adanya pelarangan ekspor harga rata-rata nasional minyak goreng curah Rp 17.200 sampai Rp 17.600," jelas Jokowi.



Simak Video "Jokowi Minta Mafia Minyak Goreng Diusut: Saya Tak Mau Ada yang Main-main"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)