Siap-siap Bayar Tol Nggak Pake Kartu Lagi, Gantinya Lebih Canggih!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 20:00 WIB
Bayar Tol Tanpa Setop
Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Pemerintah berencana menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk mengganti sistem pembayaran tol yang saat ini menggunakan uang elektronik. Teknologi MLFF diklaim dapat mempersingkat waktu transaksi di gerbang tol dari sebelumnya 4 detik menjadi 0 detik.

Selain waktu transaksi yang lebih cepat, pengendara mobil juga tidak membutuhkan kartu untuk membayar tol. Transaksi akan direkam lewat alat khusus yang pembayarannya dilakukan otomatis.

Dengan sistem MLFF pengguna jalan tol dapat melewati gerbang tol tanpa harus berhenti untuk melakukan pembayaran. Jadi tidak ada lagi antrean di gerbang tol karena proses transaksinya lebih singkat.

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam keterangan tertulis Maret Lalu.

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone. Dengan menggunakan teknologi ini GPS akan menentukan lokasi yang di-determinasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Bayar tol tanpa setop sedang diuji coba di ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kendaraan ditempeli stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID).Bayar tol tanpa setop sedang diuji coba di ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kendaraan ditempeli stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Foto: Anisa Indraini

Uji coba pembayaran tanpa setop pernah dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk tahun lalu memakai stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Stiker tersebut dipasang di lampu depan mobil bagian kanan yang akan terekam sensor di gerbang tol.

Namun pengendara harus memiliki aplikasi Let It Flo terlebih dahulu yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Pembayaran sendiri dilakukan lewat aplikasi LinkAja, di mana saldo pengendara akan terpotong otomatis saat melintasi tol.

Jasa Marga belum memperjualbelikan stiker tersebut karena bayar tol tanpa setop baru uji coba terbatas, yang pesertanya dari BUMN dan komunitas otomotif.

BPJT berharap sistem MLFF dapat membuat biaya operasi jalan tol jadi lebih efisiensi. Sedangkan bagi pengguna jalan tol dapat meminimalisir bahan bakar kendaraan karena tidak perlu lagi berhenti dan mengantri di gerbang tol.



Simak Video "Kepala BPJT: 2024 Tak Ada Lagi Gerbang Tol di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)