Jokowi Sebut Larangan Ekspor Bikin Harga Minyak Goreng Turun, Jadi Berapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 19:05 WIB
Presiden RI Ir Joko Widodo
Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini harga minyak goreng curah telah turun. Harga minyak goreng curah saat ini berkisar Rp 17.200 sampai Rp 17.600.

Jokowi menerangkan, harga itu turun setelah adanya pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng. Belum adanya larangan ekspor, Jokowi mengatakan harga minyak goreng curah Rp 19.800.

"Terdapat penurunan harga rata rata pada minyak goreng curah secara nasional. Pada bulan April harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar kurang lebih Rp 19.800 dan setelah adanya pelarangan ekspor harga rata-rata nasional turun menjadi Rp 17.200 sampai Rp 17.600," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/5/2022).

Menurut Jokowi, penurunan harga dan penambahan pasokan minyak goreng curah di dalam negeri atas kerja sama antara pemerintah, BUMN hingga swasta. Meskipun Jokowi mengaku tahu masih ada minyak goreng yang mahal di beberapa wilayah.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan semakin terjangkau.

"Menuju harga yang kita tentukan, karena ketersediaan semakin melimpah," ujarnya.

Penurunan harga ini menjadi salah satu alasan akhirnya Jokowi mencabut kebijakan larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng. Jokowi akan membuka keran ekspor minyak goreng pada Senin 23 Mei 2022.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang di tenaga industri baik, petani, pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya. Maka saya memutuskan ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022," terang Jokowi.



Simak Video "Jokowi: Ironis! RI Produsen Minyak Sawit Terbesar Sulit Dapat Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)