Keran Ekspor CPO Dibuka Lagi, Pengusaha Sawit: Semoga Bisnis Bergairah Lagi

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 22:00 WIB
Lantaran Kebijakan Plin-Plan Larangan Ekspor Sawit Indonesia, Malaysia Lebih Unggul di Pasar India
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mencabut kebijakan larangan ekspor minyak goreng. Kebijakan ini akan menjamin keberlanjutan industri minyak sawit nasional.

"Semoga perdagangan minyak sawit dan turunannya bergairah kembali baik domestik maupun ekspor," ujar Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Selain itu, Joko mengatakan akan terus mendukung kebijakan dan program pemerintah Indonesia dalam menyediakan migor curah yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

"GAPKI terus bekerja keras agar industri sawit yang memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia terus dapat ditingkatkan," kata Joko Supriyono.

Joko juga menjelaskan para mitra dagang di Eropa, India dan Pakistan juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mencabut larangan ekspor minyak goreng ini

Keterangan pengusaha sawit ini merespon keterangan Jokowi yang telah mengumumkan akan dibukanya ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng pada Senin 23 Mei 2022.

Pembukaan keran ekspor ini dilakukan karena pasokan minyak goreng curah di dalam negeri disebut telah melimpah dan harga menurun.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri, baik petani, pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya. Maka saya memutuskan ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan Sekretariat Presiden.



Simak Video "Petani Sawit Se-Indonesia Demo Tuntut 5 Hal"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)