Ini Dia Orang yang Bakal Borong Restoran McDonald's di Rusia

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 22:39 WIB
McDonalds mengumumkan akan keluar dari pasar Rusia. Sebelumnya, restoran cepat saji asal AS itu telah menutup ratusan gerainya di Rusia pada Maret lalu.
Foto: Reuters: Mau Tutup Permanen Gerainya di Rusia, Sayonara McDonald's
Jakarta -

McDonald's Corp akan menjual bisnisnya di Rusia kepada pemegang lisensi saat ini yakni pengusaha Alexander Govor. Ia melalui perusahaanya GiD LLC telah memegang lisensi McDonald's di Rusia sejak 2015.

Mengutip dari Reuters, Kamis (19/5/2022) Setelah kesepakatan itu diteken, gerai McDonald's di Rusia akan beroperasi dengan nama baru. Hal itu sebagai upaya mengakhiri kehadiran McDonald's di negara tersebut.

Padahal Rusia menjadi ladangnya gerai McDonald's, sebanyak 84% dari total 850 gerai di dunia ada di Rusia. Govor bersama perusahaannya GiD LLC, telah membantu rantai burger berkembang ke Siberia terpencil, di mana kota itu mengoperasikan 25 restoran.

McDonald's dan GiD menolak untuk mengungkapkan persyaratan atas kesepakatan itu. Meskipun akan dijual, McDonald's tetap akan membayar gaji karyawan di 45 wilayah negara sampai kesepakatan selesai yang direncanakan rampung pada pekan depan.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan kesepakatan itu adalah hasil dari proses negosiasi yang panjang dan sulit dan pemerintah akan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada Govor untuk mengatur operasi.

Keputusan ini diambil buntut dari Rusia yang telah menginvasi Ukraina. McDonald's sendiri sejak bulan Maret memutuskan untuk menutup restorannya di Rusia, termasuk gerainya di lokasi Pushkin Square yang ikonik di pusat kota Moskow.

Selain McDonald's, beberapa perusahaan juga sudah menutup bisnisnya di Rusia. Beberapa juga sama seperti McDonald's yang menjual bisnisnya ke pengusaha lokal.

Termasuk Imperial Brands (IMB.L) dan Shell (SHEL.L), juga telah setuju untuk menjual aset Rusia mereka atau menyerahkannya kepada manajer lokal.

(hns/hns)