Bima Arya Mau Tutup Minimarket yang Berdekatan, Alfamart Mau Cek Perizinan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 13:05 WIB
Mulai hari ini larangan menjual bir atau minuman beralkohol untuk golongan alkohol di bawah 5% di minimarket sudah diberlakukan. Minimarket pun sudah tidak lagi menjual minuman beralkohol itu, seperti yang terlihat di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (17/4/2015). Rengga Sancaya/detikcom.
Foto: rengga sancaya
Jakarta -

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart akan mengecek perizinan toko-tokonya di Bogor. Hal itu sebagai respons perusahaan atas wacana penutupan minimarket yang berdekatan yang disampaikan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Yang pertama saya membaca itu, saya melakukan inventarisasi surat perizinannya dulu. Saya lakukan itu dulu dong. Kan dasar kita usaha perizinan," kata Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin kepada detikcom, Jumat (20/5/2022).

Pihaknya akan melakukan pendataan jumlah toko termasuk status perizinannya. Solihin mengaku, belum bisa berkomentar lebih jauh.

"Nanti setelah lakukan verifikasi, klarifikasi, saya lihat nanti baru saya bisa berkomentar nih," tambahnya.

Solihin yakin, Bima Arya akan bijak dalam megambil kebijakan. Ia juga meyakini, penutupan toko itu tidak dilakukan secara tiba-tiba.

"Kalau kita bicara statement-nya seperti itu, pasti beliau juga bijaksana dia akan melihat seperti apa. Pasti yang namanya penguasa katakanlah perlu juga orang usaha di sana. Saya yakin nggak tiba-tiba blek. Nggak ada pemikiran penguasa ingin merugikan pengusaha. Menata iyalah, saya setuju," paparnya.

Sejalan dengan itu, ia berharap, jika toko diharus pindah sebaiknya menunggu masa sewa habis. Apalagi, perusahaan sudah investasi di sana. Dia juga menyebut opsi lain yakni penataan dilakukan pada gerai yang baru.

"Ya harapan saya, harapan boleh dong, yang sudah ada kan kita sudah investasi dan sudah melakukan sewa menyewa atas tempat tersebut. Kalau memang ada kebijakan lain misalkan harus pindah tentunya kita berharap kan ada masa sewa ya yang akan berakhir nantinya. Atau, itu akan dilakukan pada pendirian gerai baru," paparnya.

Sebelumnya, Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya akan menutup minimarket yang beroperasi berdekatan. Jarak yang berdekatan itu kurang dari 500 meter satu sama lain.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Detik-detik Kawanan Rampok Berpistol Gasak Minimarket di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]