Fakta-Fakta Unik yang Baru Terungkap di Pertemuan Jokowi dan Elon Musk

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 21 Mei 2022 07:45 WIB
Jokowi kunjungi lokasi fasilitas produksi roket SpaceX bersama Elon Musk pada Sabtu (14/5/2022) lalu. Yuk, tengok lagi gaya Jokowi dan Elon Musk saat bertemu.
Fakta-Fakta Unik yang Baru Terungkap di Pertemuan Jokowi dan Elon Musk/Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi markas Bos Tesla Elon Musk pada 15 Mei lalu. Kunjungan tersebut membahas potensi investasi di Indonesia dan merupakan tindak lanjut dari pertemuan Elon Musk dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Bulan April.

Ada fakta-fakta unik yang baru terungkap di pertemuan Jokowi dengan orang terkaya di dunia ini. Pertemuan keduanya sudah dipersiapkan sejak delapan bulan lalu.

"Sebenarnya ngomongnya sudah lama, sudah dari delapan bulan yang lalu, tapi sebenarnya omongannya beda-beda. Sempat ngomong Space-X dan Tesla," kata Direktur TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir dalam program Blak-blakan detikcom, Jumat (20/5/2022).

Pandu merupakan salah satu pengusaha yang ikut dalam rombongan Luhut cs ke markas Elon Musk. Ia menuturkan jika mulai ada pergerakan sekitar dua-tiga bulan lalu setelah ada kesepakatan antara CATL, perusahaan baterai asal China dan LG. Tesla pun menurutnya jadi semangat dan antusias untuk ikut berkecimpung.

Kemudian, diketahui jika pertemuan Jokowi dan Elon Musk digagas oleh Luhut. Ada pembicaraan antara Luhut dengan Elon Musk yang membuatnya semangat bertemu Jokowi.

"Ini mau ada US ASEAN Summit, bisa nggak (bertemu Jokowi)?," kata Pandu menirukan ucapan Luhut kepada Elon Musk. Mendengar berita itu, Elon Musk langsung mengiyakan pertanyaan Luhut itu.

Bahkan dia bersedia untuk mengubah jadwalnya hanya untuk bisa menyambut Jokowi saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS). "Ayolah, saya ubah deh schedule saya untuk bisa menyambut bapak," ucap Pandu menirukan Elon Musk.

Pandu menganggap Elon Musk sebagai sosok yang humble dan well prepared. Ia tetap bisa fokus berdiskusi meskipun belum tidur saat bertemu dengan perwakilan Indonesia.

Saat pertemuan dengan Luhut, Elon Musk sempat merasa tidak enak karena mengenakan kaus. "Sorry ya saya kaya gini, bajunya kaya gini," kata Pandu menjelaskan perkataan Elon Musk saat itu.

Terkait permen Kopiko yang sempat viral di media sosial, Pandu menjelaskan jika Luhut yang membawa permen buatan Mayora tersebut. "Pak Luhut itu, dia suka kok Kopiko. Pada nyobain juga semua, makan semua," ungkapnya.

(ara/ara)