Nggak Dipakai Lagi, Bagaimana Nasib Kartu Tol Nanti?

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 21 Mei 2022 19:00 WIB
Mulai besok seluruh Gerbang tol hanya melayani non-tunai. Yuk segera gunakan kartu elektronik (e-Toll).
Kartu Tol Mau Dihapus/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah akan menerapkan pembayaran biaya tol terbaru yakni transaksi tol tanpa sentuh atau multi lane free flow (MLFF). Nantinya bayar tol tanpa kartu. Rencana ini akan dilakukan bertahap pada akhir tahun 2022 dan efektif pada 2024.

Berkaitan dengan rencana tersebut, hal ini tentu akan mempengaruhi penggunaan kartu uang elektronik yang selama ini digunakan masyarakat untuk membayar tol. Kartu uang elektronik atau e-toll itu dimiliki oleh sejumlah bank di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan pihak BCA akan mengkaji kebijakan transaksi tol tanpa sentuh tanpa kartu tol tersebut.

"Perseroan akan mengkaji semaksimal mungkin ruang gerak kebijakan tersebut terhadap komitmen memberikan nilai tambah dan layanan yang optimal bagi segenap nasabah dan masyarakat," katanya kepada detikcom, Sabtu (21/5/2022).

Pihaknya menambahkan sebagai perbankan nasional berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah, regulator, dan otoritas perbankan. "Salah satunya terkait dengan wacana transisi e-toll ke sistem pembayaran nirsentuh (MLFF) sebagai alat pembayaran resmi jalan tol. Hingga April 2022, frekuensi transaksi Flazz BCA tercatat sebesar 207 juta transaksi," jelasnya.

Sebagai informasi, penerapan teknologi transaksi nirsentuh di Jalan Tol atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan diterapkan di Jalan Tol di Indonesia, nantinya pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menerangkan dalam keterangan persnya, untuk ruas jalan tol yang akan diterapkan sistem tersebut pada akhir tahun masih dalam pembahasan.

Kemudian, teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS), dengan sistem itu memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Selain itu perangkat yang rencananya digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF yakni, Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU, dan perangkat Electronic Route Ticket di mana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

(fdl/fdl)