Momen Jokowi dan Pedagang Sayur Tawar Menawar di Pasar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 22 Mei 2022 09:45 WIB
Kunjungan Jokowi ke Pasar Muntilan, Magelang
Foto: Dok. BPMI Setpres/Lukas
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin melakukan kunjungan langsung ke Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan itu dilakukan Jokowi bersama istrinya, Iriana.

Jokowi mendatangi pasar itu sebenarnya untuk mengecek langsung harga minyak goreng. Namun disela-sela kunjungannya, Jokowi sempat seakan hendak membeli sayuran. Uniknya dia melakukan tawar menawar harga dengan penjualnya.

Jokowi sempat menanyakan harga sayur-sayuran di sana. Saat pedagang menyebutkan harga, Presiden menawar harga sayuran tersebut dengan penuh canda.

"Harga (sayurannya) Rp 10.000, dia bilang Rp 7.000 saja ya? Kata Presiden begitu. Tapi kita tahu cuma bercanda, terus kami dikasih uang," ucap pedagang sayuran bernama Pur dilansir dari keterangan resmi BPMI Sekretariat Presiden, Minggu (22/5/2022).

Kunjungan Jokowi ke Pasar Muntilan, MagelangKunjungan Jokowi ke Pasar Muntilan, Magelang Foto: Dok. BPMI Setpres/Lukas

Jokowi dan istrinya juga sempat berbelanja rempah dan sayur-sayuran seperti cabai merah, bawang, wortel, pare dan kunyit. Dia dan istrinya bahkan membeli kerupuk, hingga bakul yang terbuat dari anyaman bambu.

Almisih salah satu penjual bakul anyaman bambu yang dibeli merasa gembira. Bagaimana tidak, anyaman bambunya dibeli oleh Presiden, yang notabenenya adalah orang nomor 1 di Indonesia. "Dikasih Rp100.000, padahal harga (bakulnya) Rp15.000," kata Almisih.

Di awal kunjungannya ke pasar Muntilan Jokowi melakukan pengecekan harga minyak goreng. dia menemukan minyak goreng dengan harga Rp 14.500 per liter. Hal itu ditemui Jokowi di kios sembako milik Titin Suryani.

"Harganya kalau 1 liter Rp 14.500, 1 kilogram Rp 15.000, pak," ungkap Titin menjawab Jokowi.

Setelah berkeliling pasar dan juga menyapa para penjual dan pembeli. Jokowi membagikan bantuan langsung kepada para penerima manfaat.

Simak juga 'Cerita Jokowi Pertahankan Harga Pertalite Tak Naik Imbas Perang':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/das)