ADVERTISEMENT

Jangan Malu Nego Gaji, Begini Tips Biar Dapat Tinggi

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 10:55 WIB
trik tips nego gaji
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Akhir-akhir ini, negosiasi gaji memiliki pengaruh besar bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Para perekrut mendapatkan pertanyaan mengenai topik gaji jauh lebih awal dibandingkan masa-masa sebelumnya.

"Ada sejumlah faktor ekonomi yang relevan dalam melihat proses negosiasi gaji saat ini," ujar Profesor Ekonomi di Carnegie Mellon University Linda Babcock, dilansir dari CNN Business, Jumat (20/05/2022).

"Seiring dengan meningkatnya inflasi, kekurangan tenaga kerja nasional, sekarang ada hampir dua pekerjaan yang tersedia untuk setiap pencari kerja dan telah memberi para pekerja kekuatan untuk mengajukan penawaran yang lebih besar daripada di masa lampau," katanya.

Jika Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dan gajinya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, jangan malu untuk bernegosiasi. Pastikan untuk melakukan persiapan terlebih dahulu

"Ada lebih banyak faktor, antara lain kekurangan tenaga kerja, perusahaan membutuhkan karyawan yang baik dan terjadinya inflasi, maka dibenarkan untuk meminta gaji lebih banyak," kata Rellie Derfler-Rozin, Profesor Manajemen dan Organisasi di Robert H. Smith School of Business di Universitas Maryland.

"Ada ruang untuk bernegosiasi. Bagian kuncinya adalah persiapan," tambahnya.

Beberapa faktor harus dimasukkan ke dalam gaji tersebut, termasuk kompensasi untuk peran tersebut, industri dan lokasi, keterampilan dan nilai unik yang akan Anda bawa ke perusahaan dan kondisi ekonomi, seperti inflasi dan pasar tenaga kerja.

"Sangat penting untuk dikalibrasi dengan baik. Anda tidak ingin berhasil lolos di pekerjaan tersebut dan meminta terlalu sedikit, tetapi Anda juga tidak ingin meminta terlalu banyak sehingga dipandang tidak kredibel," kata Babcock.

Situs kerja online, termasuk Glassdoor dan Payscale, dapat membantu Anda menemukan kisaran gaji untuk seseorang yang memiliki peran serupa di industri, tetapi survei langsung dengan orang lain di lapangan juga dapat membantu.

"Jika Anda mengenal orang-orang yang pernah bekerja di sana atau bekerja di tempat yang sama, cobalah untuk berbicara dengan mereka secara informal dan mintalah nasihat mereka. Orang biasanya bersedia membantu dan membimbing... lebih daripada yang kita perkirakan," tambahnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT